Mother&Baby Indonesia
10 Tips Berlibur dengan Anak

10 Tips Berlibur dengan Anak

Tiba waktunya untuk liburan bersama keluarga! Namun sebelum Anda berangkat liburan, Moms tentu perlu mempersiapkan banyak hal nih. Untuk itu, ikuti 10 tips bebas repot agar liburan Anda dan Si Kecil semakin menyenangkan.

 

1. Rencanakan Perjalanan
Jika liburan ini adalah kali pertama Anda berlibur dengan Si Kecil, perhatikan setiap hal, termasuk memilih destinasi yang dituju. Estimasikan waktu lebih lambat dengan yang biasa Anda lakukan seorang diri atau bersama pasangan. Selain untuk membuat anak menikmati waktu kebersamaan dengan orang tua, juga bisa sebagai tempat belajar sesuatu yang baru sekaligus.



 

2. Membawa Perlengkapan
Jangan lupa untuk mempersiapkan segala perlengkapan anak mulai dari baju, popok hingga obat-obatan bila diperlukan. Peralatan mandi serta botol susu juga perlu diperhatikan demi menjaga agar tetap higienis. Namun, Moms juga tidak harus membawa benda seperti aksesoris anak terlalu banyak agar tidak merepotkan diri sendiri.

 

3. Bawaan Ringkas
Selain membawa barang secukupnya, penggunaan tas juga bisa diperhatikan nih Moms. Untuk pakaian anak, sebagain bisa dimasukkan di dalam tas koper. Beberapa lainnya bisa disiapkan pada tas bayi yang selalu di bawa untuk berjaga-jaga jika Si Kecil mulai kepanasan atau muntah di perjalanan. Simpan juga perlengkapan yang dibutuhkan pada tas tersebut dan letakkan di dekat tempat duduk Anda.

 

4. Melalui Jalur Udara
Ketika melakukan perjalanan berlibur menggunakan pesawat, beberapa hal penting perlu diperhatikan. Seperti kelembaban udara kabin rendah yang dapat menyebabkan dehidrasi ringan dan juga lubang hidung yang kering dan mudah tersinggung. Moms bisa mengajak anak untuk minum air putih secara teratur.

 

Terbang juga bisa mendorong ekspansi udara di telinga tengah dan sinus, yang bisa menyakitkan bagi bayi karena saluran telinga mereka yang lebih kecil. Untuk mencegah hal ini, pijat telinga anak Anda dari belakang dan berikan tarikan lembut beberapa kali pada telinga. Hal ini akan membantu Si Kecil dalam bernafas saat lepas landas dan mendarat.

 

5. Melalui Jalur Darat
Selain menggunakan pesawat, berlibur juga bisa dilakukan dengan perjalanan menggunakan kereta atau bus. Salah satu yang bisa dilakukan demi kenyamanan Si Kecil adalah dengan membeli tiket lebih. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman pada anak tanpa mengganggu penumpang lainnya.

 

Jika anak Anda sudah lebih besar dan sudah mampu berjalan, perhatikan selalu setiap langkahnya agar tidak terjatuh ketika naik atau turun kendaraan. Buatlah kesepakatan dengan pasangan dalam membawa tas dan lainnya agar semua anggota keluarga tertinggal di dalam kendaraan.

 



6. Menggunakan Mobil
Jika memutuskan berlibur dengan mobil pribadi atau taksi, Anda bisa menyiapkan bangku khusus untuk Si Kecil. Moms juga bisa menyiapkan CD atau DVD yang memutarkan lagu atau film kesukaan anak agar tidak membosankan selama perjalanan. Jika perlu, bawalah bantal kecil yang bisa dipakai untuk menambah kenyamanan saat anak tidur.

 

7. Tetap Sehat
Selama berlibur, usahakan untuk tetap menjaga kesehatan Anda dan Si Kecil. Ganti bajunya minimal 3 kali dalam satu hari, terutama saat ia mengeluarkan keringat yang banyak. Hal ini bisa membuatnya tidak nyaman, untuk itu siapkan dua set pakaian ganti seperti pakaian yang menutupi sampai leher saat bermain di luar ruangan.

 

8. Menjaga Makanan
Ketika liburan di destinasi baru, ketahui apa saja makanan yang disajikan di sana. Jika tempatnya dirasa kurang higienis, restoran cepat saji bisa dijadikan pilihan karena penyajiannya juga akan lebih cepat dan cenderung lebih bersih. Hindari makanan yang kurang higienis, agar Si Kecil terhindar dari diare. Tidak mau kan liburan Anda terganggu karena anak mengalami diare saat liburan?

 

9. Memilih Penginapan
Dalam hal tempat istirahat, sangat penting untuk Moms melihat fasilitas yang terdapat pada suatu penginapan. Mulai dari kemanan di balkon, pintu dan kunci yang baik, serta jendela yang cukup sulit dilewati bahkan oleh anak kecil.

 

Jika perlu, tambahkan perekat atau benda lunak lainnya untuk menambal bagian tajam yang ada di kamar tidur. Menjaga suhu ruangan juga perlu dilakukan agar Anda sekeluarga bisa merasa nyaman setiap saat.

 

10. Membawa Kenang-kenangan

Di jaman teknologi ini, kita terbiasa untuk memotret setiap momen dan melupakan hal kecil saat bersama anak tercinta. Memang menangkap setiap momen dalam foto akan terasa lebih nyata, namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengenang waktu jalan-jalan tersebut.

 

Anda bisa mengajak anak untuk membeli oleh-oleh seperti postcard atau mainan yang dibuat dari warga setempat. Selain menjadi benda kenangan, bisa sekaligus memberi nilai budaya tersendiri yang tertanam pada anak Anda. Benda lainnya juga bisa dijadikan buah tangan, namun sesuaikan dengan aturan dari warga setempat agar tidak disangka mencuri. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: tip,   liburan,   anak,   pertama








Cover Maret 2020