Mother&Baby Indonesia
5 Tips Mengatasi Anak yang Susah Makan

5 Tips Mengatasi Anak yang Susah Makan

Senang pastinya ketika mengetahui Si Kecil doyan makan. Apa saja yang Anda tawarkan pasti langsung dihabiskan oleh Si Kecil. Namun sayangnya, tidak semua anak mau makanan yang Anda buat sendiri. Beberapa anak memilih untuk tidak makan dibandingkan makan makanan yang tidak disukainya. Lalu bagaimana Anda menangani Si Kecil yang suka memilih makanan?

 



1. Bersikap Tegas

Saat Anda memberi makan malam dan Si Kecil memilih untuk tidak ingin memakannya, katakan saja bahwa tidak ada makanan lain selain itu, seperti “Tidak ada makanan lain selain itu. Kalau kamu nggak mau makan, ya sudah tidak perlu dimakan.”

 

Memang ini terlalu sadis, bahkan Anda pasti menyempatkan waktu untuk masak makanan kesukaannya. Tapi sampai kapan ia terus mendapatkan apa yang ia minta? Bahkan menurut buku Guide to Your Child’s Nutrition mengatakan, “Anak-anak tidak akan sakit atau menderita berkepanjangan jika ia tidak makan malam, namun terkadang orangtua terlalu berlebihan dengan berpikiran bahwa ia akan menderita bila tidak makan malam.”

 

2. Berikan Semua Bumbu

Anda dapat memberikan bumbu sebanyak apapun yang diberikan agar Si Kecil mengetahui banyak rasa. Lidah Si Kecil akan mempelajari setiap rasa, terutama saat usianya sudah mencapai 2 tahun. Jadi tidak ada salahnya kan memberi banyak bumbu dalam masakan untuk Si Kecil?

 

3. Sayur



Ada anak yang benar-benar menolak makan sayur, namun ada juga yang suka sekali dengan sayur. Bila Si Kecil tidak suka sayur, bukan berati Anda tidak pernah memberikan sayur dalam setiap makanannya, bukan? Tidak ada salahnya lho memberikan sayur sop yang dipenuhi sayuran dan tentunya tanpa sosis. Jelaskan manfaat sayur agar Si Kecil mengerti bahwa banyak manfaat yang didapat dengan sayur.

 

Namun, bila cara tersebut memang tidak berhasil, mau tidak mau Anda harus berkreasi dengan makanan. Caranya macam-macam, dan salah satunya adalah dengan cara menyembunyikan sayur dalam makanan yang disukai Si Kecil.

 

4. Makan Bersama

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa makan bersama akan lebih menyenangkan dan Si Kecil dapat mengikuti menu dan pola makan keluarga. Siapkan menu yang lengkap untuk kebutuhan keluarga, lalu ajak Si Kecil makan bersama. Memang, ia tidak akan betah berlama-lama makan, namun cara ini patut dicoba agar Si Kecil mau makan makanan keluarga termasuk sayur.

 

5. Jangan Memaksa

Bila Si Kecil tidak mau, stop memaksanya. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa cara ini tidak efektif. Menurut hasil penelitian, balita yang dipaksa, justru makan dengan porsi lebih sedikit dibanding dengan yang tidak dipaksa. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)



Tags: sayuran,   picky_eater,   balita,   anak,   nutrisi,   gizi








Cover Januari - Februari 2020