Mother&Baby Indonesia
Langkah Tepat Mengatasi Sembelit pada Anak

Langkah Tepat Mengatasi Sembelit pada Anak

Saat memasuki tahap makanan padat, terkadang sembelit atau konstipasi mulai menyerang Si Kecil. Ini adalah keadaan yang wajar terjadi, karena tidak semua bayi cocok dengan makanan yang dimakan, dan terkadang membuatnya menjadi sembelit.

 



Secara umum definisi konstipasi menurut the North American Society for Pediatric Gastroenterology and Nutrition (NASPHGAN) adalah kesulitan atau keterlambatan melakukan defekasi selama dua minggu atau lebih, dan mampu menyebabkan stres pada pasien,” tulis dr. Muzal Kadim, Sp.A (K) dari Divisi Gastrohepatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, untuk artikel di situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia.

 

Menurut Journal of Pediatrics, konstipasi memang menjadi penyebab hampir semua keluhan sakit perut yang dialami anak. Lalu apa yang harus Moms lakukan? Langkah pertama, pastikan Si Kecil mendapatkan cukup banyak serat dan cairan selama mengalami konstipasi.

 

Makan banyak roti, pasta, nasi, kentang, susu, keju, apel, dan pisang bisa menyebabkan sembelit,” ujar Laura Jana, MD, penulis buku Food Fights. Sereal gandum dan jus buah pir dapat membantu meredakan gejala konstipasi.

 

Ingat! Jangan memberikan obat pencahar untuk orang dewasa ya, Moms. Bila lebih dari 3-4 hari anak belum juga buang air, segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih baik.

 

Nah, kalau sudah sembelit sebaiknya mulai perhatikan menu makanannya. dr. Laura Jana menyarankan pemberian Sereal gandum dan jus buah pir untuk membantu meredakan gejala konstipasi. Apa lagi ya buah yang dapat meredakan konstipasi? berikut beberapa buah yang dapat Anda coba berikan untuk Si Kecil.

 

1. Pir dan Apel



Dua buah ini mengandung cukup banyak air. Dan tentunya bagus untuk sistem pencernaan Si Kecil. Anda dapat memberikannya dalam bentuk blender agar mudah dicerna oleh usus.

 

2. Plum

Buah ini dapat Anda temui di beberapa supermarket besar atau toko khusus buah. Pilihlah yang sudah berwarna kehitaman, yang artinya rasanya tidak terlalu asam. Kandungan sorbitol dalam plum dapat langsung melancarkan pencernaan secara alami. Bila Si Kecil tidak terlalu suka rasanya, Anda dapat memblender plum dengan susu.

 

3. Nanas

Jus nanas adalah obat pencahar alami yang dapat membantu Si Kecil untuk buang air besar yang lebih baik. Ini juga mengatur sistem pencernaan dan menghindari sembelit. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)

 

 

 

 

 



Tags: sembelit,   konstipasi,   anak,   balita,   buah,   makanan,   tips








Cover Januari - Februari 2020