Mother&Baby Indonesia
5 Tips Bijak Memilih Film untuk Anak

5 Tips Bijak Memilih Film untuk Anak

Saat ingin mengajak Si Kecil menonton film, perlu diingat bahwa tidak semua film bisa mereka nikmati. Ada hal-hal yang perlu Moms perhatikan agar mereka bisa menonton film yang sesuai dengan usianya. Untuk itu, ikuti beberapa tips memilih film yang tepat untuk anak, yuk.

1. Review

Sebelum mengajak Si Kecil menonton, ada baiknya Anda membaca ulasan film yang akan ditonton terlebih dahulu. Beberapa situs seperti IMDb dan Movie Mom bisa dijadikan referensi untuk mencari film anak terbaik.



 

2. Rating

Selain ulasan, rating film juga perlu menjadi pertimbangan kita sebagai orang tua. Bukan seberapa laris film itu ditonton, tetapi untuk kalangan apa film tersebut bisa ditonton. Perbedaan genre ini bisa dilihat dari huruf sebagai simbol, seperti G untuk General Audience atau PG untuk Parental Guidance Suggested dalam bahasa Inggris.

 

Hal ini akan berbeda ketika Moms mencarinya untuk film Indonesia dengan rating A untuk Anak, R untuk Remaja, atau SU untuk Semua Umur.


3. Cerita yang mendidik

Berikan tontonan dengan tema yang mendidik agar anak bisa mendapatkan ilmu dari film yang ditontonnya. Selain itu, sesuaikan juga dengan umur anak Moms. Seperti tidak menonton film superhero saat masih balita karena adanya unsur kekerasan dalam film.



 

Pilih yang mengajarkan keberanian dan kepercayaan diri, agar anak terinspirasi untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

4. Dampingi saat menonton

Dengan menonton film bersama dengan Si Kecil, Anda bisa sekaligus mengawasi jika ada adegan yang kurang sesuai dengan umur mereka. Atau Anda juga bisa membantu Si Kecil memahami film dengan menjawab pertanyaan yang mereka lontarkan saat menonton.


5. Saran orang lain

Moms juga bisa melakukan diskusi dengan orang tua lainnya tentang film yang layak tonton. Berbagai saran yang didapat bisa Anda terapkan pada Si Kecil. Anda bisa menanyakan film apa saja dalam daftar mereka yang layak tonton bagi anak-anak. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: tips,   bijak,   film,   anak,   hiburan








Cover Januari - Februari 2020