Mother&Baby Indonesia
Tips Dokter agar Produksi ASI Berlimpah

Tips Dokter agar Produksi ASI Berlimpah

Tanya: Saat ini produksi ASI saya suka tidak stabil, terkadang suka tiba-tiba berkurang. Bagaimana ya caranya agar produksi ASI saya selalu banyak?

 

Jawab: Agar ASI kian melimpah, penuhi dulu kebutuhan tubuh Anda akan air mineral. “Produksi ASI berkisah antara 650-850 mL/hari pada 6 bulan pertama setelah melahirkan. Sebanyak 87-90% komposisi ASI terdiri dari air. Ibu menyusui, pada masa puncak laktasi, diperkirakan membutuhkan tambahan asupan cairan kurang lebih 785 mL/24 jam lebih banyak dibandingkan asupan wanita yang tidak menyusui. Jika ibu menyusui mengalami kurang air tubuh, produksi ASI berkurang,” tulis DR. dr. Sudung O. Pardede, Sp.A(K), dkk, dalam buku Mitos Atau Fakta Air Dan Hidrasi.



 



Menurut dr. Badriul Hegar, Ph.D, Sp.A(K), jangan buru-buru mengklaim ASI Anda kurang, karena produksi ASI tidak selalu sama setiap harinya. Jika ada 1 hari di mana Moms merasa produksi ASI sedang berkurang, mungkin 1-2 hari kemudian jumlah akan melebihi rata-rata, sehingga secara kumulatif tetap mencukupi kebutuhan Si Kecil. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: asi,   produksi,   dokter,   tips,   laktasi








Cover Januari - Februari 2020