Mother&Baby Indonesia
Cara Mencegah Depresi Pasca Melahirkan

Cara Mencegah Depresi Pasca Melahirkan

 

Data Badan kesehatan PBB, WHO, mengungkapkan bahwa sekitar 13% perempuan di seluruh dunia mengalami masalah umum depresi yang terjadi setelah melahirkan atau disebut dengan postpartum depression. Presentase itu meningkat menjadi hampir 20% di wilayah negara-negara berkembang. Imbasnya, ibu yang mengidap gangguan kejiwaan pasca-melahirkan tidak mampu menjalankan kewajiban merawat bayinya dan berpengaruh pada perkembangan bayi mereka.



 

Menurut Psikolog, Vera Itabiliana, dalam talkshow sekaligus peluncuran komunitas Orami Birth Club pada Rabu (6/12/2017), depresi pasca melahirkan yang banyak terjadi itu disebabkan dari berbagai hal. Vera mengatakan, bahwa status baru sebagai seorang Ibu membawa perubahan besar pada kondisi pribadi perempuan, seperti merasa kehilangan kebebasan dan kecemasan terkait kondisi anak.

 

Berbeda dengan lelaki, perempuan menyikapi stres dengan respons ‘tend and befriend’ sehingga perempuan menjadi lebih perhatian terhadap kebutuhan bayinya serta senang berkumpul dan melakukan kontak sosial untuk mendapatkan dukungan. Di sinilah peran komunitas karena berkomunitas dan melakukan kontak sosial memicu timbulnya hormon oksitosin untuk meminimalisasi efek hormon stres atau kortisol. Hal ini menunjukkan bahwa bersosialisasi dan berkomunitas, terlebih di kalangan perempuan, baik untuk kesehatan. Dukungan keluarga dan komunitas yang kuat niscaya dapat mengurangi risiko gangguan mental pasca-melahirkan,” terang Vera.

 

Maka, Orami sebuah toko online perlengkapan dan kebutuhan bayi dan ibu hamil terbesar di Indonesia, menginisasi sebuah komunitas baru yang bertujuan untuk memfasilitasi para ibu yang baru memiliki anak.



 

Kami mempersembahkan sebuah komunitas yang kami harap dapat menjadi rumah kedua bagi para moms di Indonesia, #OramiBirthClub. Ketika perempuan menjadi seorang mom untuk pertama kali, mereka biasanya bingung, memiliki banyak pertanyaan dan kadang malu untuk bertanya. Sebagai sahabat moms Indonesia, Orami memberikan dukungan lebih bagi Moms lewat #OramiBirthClub – komunitas untuk Moms berbagi,” kata Ferry Tenka, CEO, Orami.

 

Selain itu, dalam menyambut hari Ibu di bulan Desember, Marketing Communication Manager Orami, Wiliyanti Sung, turut mengajak Moms yang melahirkan pada tahun 2017 untuk bergabung dalam angkatan pertama #OramiBirthClub.

 

Kami ingin lebih fokus dalam mendukung Moms lewat komunitas #OramiBirthClub dengan mengumpulkan Moms yang melahirkan di tahun yang sama. Kami akan mengajak mereka untuk berbagi informasi dan mendukung satu sama lain. Banyak hal yang akan didapat dengan menjadi bagian dari #OramiBirthClub, seperti artikel parenting tentang perkembangan anak usia 0-1 tahun, konsultasi secara live dengan para ahli terkait dengan tumbuh kembang bayi, privilege khusus di setiap acara Orami dan promo spesial untuk barang-barang ibu dan bayi. Hal ini dilakukan agar Moms tidak ketinggalan informasi terbaru. #OramiBirthClub akan menjadi agenda tahunan Orami yang akan diawali pada tahun 2017 ini,” ujar Wiliyanti. (Binar MP/TW/Dok. Orami)

 



Tags: depresi,   jiwa,   ibu,   melahirkan,   persalinan








Cover Januari - Februari 2020