Mother&Baby Indonesia
5 Cara Bijak Mengelola Bonus Akhir Tahun

5 Cara Bijak Mengelola Bonus Akhir Tahun

Bulan desember ini Anda mendapatkan bonus akhir tahun! Wah, pasti menyenangkan, bukan? Apalagi bila jumlahnya lumayan besar hingga cukup untuk mengajak keluarga berlibur ke luar negeri selama beberapa hari. Tapi, apakah Anda sudah cukup bijak dalam mengelola bonus akhir tahun? Nah, jangan buru-buru dihabiskan ya Moms bonusnya! Simak dulu 5 cara bijak mengelola bonus tahunan yang dikutip melalui Forbes.com berikut ini:

 



1. Berbelanja

Memang tidak ada salahnya Anda menikmati hasil kerja keras selama setahun ini dengan berbelanja. Namun tentu saja Anda harus bijak selama berbelanja. Beli apa yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Pikirkan baik-baik apakah barang yang Anda beli tersebut bisa untuk jangka panjang ataupun tidak, bila tidak maka cari barang lain.

 

2. Kartu Kredit

Sebelum berbelanja, tidak ada salahnya Anda menyisihkan bonus tahunan untuk pengeluaran ‘wajib’ yang biasa dikeluarkan setiap bulannya, seperti pembayaran kartu kredit. Menggunakan bonus akhir tahun dengan melunasi kartu kredit bisa menjadi salah satu langkah positif yang Anda lakukan.

 

3. Investasi



Anda tentunya sudah memiliki tabungan khusus untuk berlibur, bukan? Nah, tidak ada salahnya mengelola bonus akhir tahun ini dengan menyimpannya sebagai investasi. Ini berguna untuk dikemudian hari lho, Moms! Jangan ragu untuk menyimpannya ya!

 

4. Dana Pendidikan

Tidak ada salahnya juga bila Anda menyimpan sebagian bonus tahunan ini untuk dana pendidikan Si Kecil. Dana pendidikan semakin tinggi, jadi mulai banyaklah menyimpan dana ya, Moms!

 

5. Dana Darurat

Sesuai namanya, dana darurat hanya digunakan saat keadaan darurat saja. Tahun depan, umur Si Kecil bertambah, kebutuhan untuk pembayaran sekolah, keperluan sekolah dan lain-lain makin bertambah. Tidak ada salahnya Anda menyisihkan bonus tahunan untuk dana darurat. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)



Tags: bonus,   keuangan,   keluarga,   tips