Mother&Baby Indonesia
5 Tips Praktis Mencuci Kain Batik dan Hijab

5 Tips Praktis Mencuci Kain Batik dan Hijab

 

Bagi Moms di rumah, kegiatan mencuci batik mungkin menjadi tantangan tersendiri. Jenis kain yang memiliki beragam motif dan warna ini mengharuskan Moms untuk melakukan perawatan ekstra pada kain batik. Berikut ini merupakan tips yang bisa Moms terapkan di rumah untuk perawatan kain batik, yuk simak langkah-langkahnya.



  1. Jika mencuci batik yang pertama kalinya, sebaiknya rendam batik terlebih dahulu salam air hangat. Ini untuk memastikan tidak ada sisa pewarna yang dapat luntur nantinya. Setelah tahapan ini baru pakaian dari kain batik dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

  2. Pisahkan proses mencuci antara batik berwarna terang dan gelap.

  3. Disarankan menggunakan deterjen khusus batik atau shampo. Pilih program mencuci untuk kain halus (delicate) atau mencuci batik jika ada. Matikan program pencuci pakaian dengan pemanas (heater) keran dapat merusak warna pakaian.

  4. Hindari menjemur batik di bawah sinar matahari langsung.

  5. Lapisi kain batik dengan kain bersih ketika hendak menyikatnya.



 

Nah, kalau Moms tidak mau repot mencuci batik, beberapa jenis mesin cuci yang 'ramah batik dan hijab' juga bisa Moms andalkan. “Mengingat bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, telah diperkirakan bahwa pemakai hijab di Indonesia akan mencapai angka 17 juta pada tahun 2020. Selain itu, masyarakat Indonesia menggunakan batik sebagai simbol identitas nasional, sehingga batik menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Electrolux menghadirkan UltraEco Front Load Washer, mesin cuci tanpa pemanas, dengan penggunaan daya listrik yang sangat efisien,” jelas Iffan Suryanto, Brand Representative Electrolux.

 

Sementara itu, Berbicara di acara peluncuran mesin cuci Electrolux UltraEco Front Load Washer di Jakarta (7/12/2017), desainer sekaligus Duta Batik Jambi, Barli Asmara, mengatakan bahwa perawatan khsusus untuk kain batik seringkali menjadi masalah tersendiri baginya karena harus membutuhkan waktu yang lama.

 

“Saya membuat baju pasti banyak untuk costumer. Pakaian saya banyak produksi bahan scuba dan batik. Inovasi Electrolux UltraEco membuat saya merasa aman untuk mencuci kain batik di mesin cuci, dan tetu menjadi solusi bagi para desainer untuk mempersingkat waktu," kata Barli. (Binar/TW/Dok. Freepik)



Tags: tips,   hijab,   batik,   mencuci,