Mother&Baby Indonesia
9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh Anda

9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh Anda

Di akhir tahun ini, hampir semua toko buah menjual aneka mangga yang manis dan lezat ya, Moms. Buah yang manis dan mengandung banyak air ini tentu saja menjadi salah satu buah favorit keluarga. Tidak heran, buah mangga memang bisa diolah menjadi beragam menu, mulai dari jus mangga, topping overnight oats, mango sticky rice, hingga sambel mangga yang rasanya sangat eksotis!

Tidak hanya enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda dan keluarga lho, Moms. Apa saja sih manfaat tersebut? Simak 9 manfaat mangga berikut ini yuk:

 



1. Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan pada buah mangga dapat melindungu dari kanker payudara, leukimia, dan prostat. Senyawa ini meliputi quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam gallic dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

 

2. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar serat, pektin dan vitamin C dalam mangga, dapat membantu menunrunkan kadar kolesterol.

 

3. Kesehatan Mata

Dalam satu cup mangga mengandung 25 persen vitamin A yang dibutuhkan seseorang untuk mencegah kebutaan pada malam hari dan menghindari mata kering.

 

4. Meningkatkan Memori Anak

Mangga merupakan sumber asam glutamin yang baik. Si Kecil yang mengonsumsi mangga, akan memasok glutamin acid pada Si Kecil yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan ingatannya.

 

5. Mencegah Anemia



Kandungan zat besi yang tinggi pada mangga, membantu penyembuhan anemia khususnya pada Si Kecil. Mangga dapat meningkatkan jumalh sel darah merah dan mencegah anemia pada Si Kecil.

 

6. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya pepaya saja yang dapat memperlancar pencernaan Anda. Mangga juga kaya akan serat yang dapat membantu Anda mengatasi sembelit.

 

7. Kekebalan Tubuh

Jumlah vitamin C dan vitamin A yang banyak terdapat dalam mangga. Ini juga berfungsi untuk membuat sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.

 

8. Meningkatkan Berat Badan

Si Kecil memiliki tubuh mungil? Saatnya Anda beli mangga sekarang juga. dalam 150 gram mangga, akan memberikan Si Kecil sekitar 86 kalori. Tubuhnya dapat dengan mudah menyerap kalori dan meningkatkan berat badannya.

 

9. Mengendalikan Gula Darah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Oklahoma State University, mangga mengandung banyak mineral dan fitokimia yang ditemukan memiliki efek positif pada lemak tubuh dan glukosa. Mangga juga sumber beta karoten dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan sakit jantung. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dk. Freepik)



Tags: mangga,   buah,   nutrisi,   diet,   gizi,   kesehatan








Cover Maret 2020