Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Makan Brokoli saat Hamil

5 Manfaat Makan Brokoli saat Hamil

Brokoli diketahui mengandung nutrisi, antioksidan, dan fitokimia. Oleh karena itu, dianggap sebagai makanan super dengan sejumlah besar nutrisi dan diketahui menawarkan berbagai manfaat. Namun, apakah brokoli baik juga bila dikonsumsi ibu hamil?

 



Brokoli tentu saja aman dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah sedang. Brokoli kaya vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan zat antioksidan. Tidak hanya itu saja, brokoli juga memastikan pasokan hemoglobin yang baik, menguatkan tulang, mencegah penyakit kulit, cacat lahir, dan meningkatkan asupan nutrisi.

 

Berikut beberapa manfaat makan brokoli selama hamil:

1. Mencegah Sembelit

Sembelit menjadi salah satu masalah ibu hamil. Perubahan hormonal, serta perubahan metabolik berhubungan langsung dengan kinerja usus. Brokoli memiliki peran penting karena mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu mempertahankan air dalam usus dan mencegah sembelit.

 

2. Mengontrol Anemia

Kebutuhan zat besi selama hamil meningkat dan bila kekurangan dapat menyebabkan anemia. Brokoli menjadi salah satu sayur yang memiliki sumber zat besi dan asam folat yang baik. Pastikan brokoli sellau ada dalam lemari es Anda, ya!



 

3. Mengatur Kadar Gula

Gestational diabetes terjadi jika tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memecah gula yang Anda konsumsi selama hamil. Dengan mengonsumsi brokoli, dapat mengatur kadar gula dalam tubuh Anda.

 

4. Meningkatkan Imunitas

Ibu hamil memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk menghindari tubuh dari infeksi. Komponen beta-karoten dan selenium yang terkandung dalam brokoli dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan membutuh tubuh tetap sehat.

 

5. Memperkuat Tulang

Selama kehamilan, ibu hamil rentan terhadap gangguan tulang seperti osteoporosis. Brokoli memiliki semua nutrisi untuk tulang yang sehat seperti, kalsium, magnesium, fosfor dan seng. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)



Tags: brokoli,   nutrisi,   kehamilan,   kandungan,   janin










Cover April 2020