Mother&Baby Indonesia
6 Makanan yang Efektif Meningkatkan Daya Ingat

6 Makanan yang Efektif Meningkatkan Daya Ingat

Merasa mudah lupa? Mungkin Anda kurang memenuhi kebutuhan tidur dan nutrisi harian. Walaupun genetika, aktivitas fisik, gaya hidup, dan faktor lingkungan juga turut memengaruhi daya ingat Anda, namun asupan makanan juga memiliki peran penting dalam meningkatkan daya ingat.

 



Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi lho, Moms! Dilansir dari BBC Good Food, yuk simak 6 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat Anda.

 

1. Serealia

Seperti semua organ di tubuh Anda, otak juga tidak dapat bekerja maksimal tanpa energi. Kemampuan Anda untuk konsentrasi dan fokus datang dari cadangan energi yang cukup (dalam bentuk glukosa yang ada di darah dan mengalir ke otak). Penuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi wholegrains low-GI (seperti sereal), yang melepaskan glukosa secara perlahan ke aliran darah.

 

2. Blackberry

Terdapat sumber anthocyanin dan flavonoid dalam buah blackberry yang dapat meningkatkan fungsi memori Anda. Tidak ada salahnya kan, membeli buah blackberry dan menikmatinya saat sore hari.

 

3. Telur



Telur kaya akan kandungan vitamin B, B6, B12, dan asam folat, yang dikenal efektif untuk mengurangi kadar homocysteine dalam darah. Jika homocysteine ini meningkatk, maka risiko stroke, gangguan kognitif, dan alzheimer juga dapat meningkat.

 

4. Kenari

Terkenal dengan dampak positif pada kesehatan jantung, kenari juga bisa memperbaiki fungsi kognitif. Anda dapat menjadikannya sebagai cemilan di malam hari. Makanan ini tidak hanya baik untuk otak, mereka menopang jantung yang sehat dan seluruh bagian tubuh.

 

5. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin K yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak. Sebuah penelitian menguak fakta bahwa brokoli mengandung glucosinolates, yang dapat menghambat terganggunya neorotransmitter, acetylcholine, yang Anda perlukan untuk sistem syaraf pusat agar bisa bekerja maksimal dan meningkatnya daya ingat.

 

6. Asupan DHA

Penting untuk kesehatan otak yang baik, asam lemak omega-3, asam docosahexaenoic, atau DHA, khususnya, dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa muda yang sehat. Asupan DHA dapat Anda temui pada ikan salomn dan beberapa gram daging tiap minggunya. (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   nutrisi,   gizi,   vitamin,   memori








Cover Januari - Februari 2020