Mother&Baby Indonesia
5 Tips Menjaga Vagina Tetap Kencang

5 Tips Menjaga Vagina Tetap Kencang

Memiliki vagina yang kencang dan sehat, tentu menjadi impian semua wanita. Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk merawat vagina, agar pasangan Anda semakin tak ingin jauh dari Anda. Yuk, ikuti 5 langkah ini agar vagina Anda tetap kencang!

 



1. Minum Banyak Air

Mengonsumsi air tentu saja sangat banyak kegunaannya terutama pada kulit Anda. Manfaat itu juga berlaku untuk kulit vagina Anda.

 

2. Kegel

Senam kegel dapat Anda lakukan dimana dan kapan saja. Dengan gerakan menahan otot dasar panggul, ini bermanfaat untuk mengencangkan pada area vagina Anda. Jangan lupa, laukan gerakan kegel setiap minggunya dan pasangan Anda juga akan merasakan perbedaan pada vagina Anda.

 

3. Mengendalikan Hubungan Intim

Biasanya pasangan Anda yang mengendalikan saat berhubungan seks? Kini saatnya Anda yang berada di posisi atas atau yang lebih aktif saat berhubungan. Dengan begitu, Anda juga melatih otot vagina untuk bergerak lebih banyak dan lebih kuat.

 

4. Berat Badan

Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis dapat menimbulkan efek kendur pada kulit vagina. Yang terbaik untuk menjaga agar kulit vagina Anda tetap sehat adalah dengan menghindari kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis. Jika itu terjadi, maka sebaiknya berlatih kegel lebih sering.



 

5. Camilan sehat

Bakteria vaginosis adalah bakteri yang mengganggu vagina Anda, baik dari segi kesehatan maupun penampilan. Untuk itu, rutinlah mengonsumsi yogurt yang sering disebut sebagai camilan sehat, kaya probiotik, dan mampu melawan bakteri jahat.

 

Selain menjaga vagina tetap kencang, Moms juga perlu menjaga vagina tetap sehat dengan melakukan hal ini:

- Jangan pakai sembarang sabun
Vagina memiliki pH tertentu. Penggunaan sabun mandi atau sabun bayi akan mengganggu keseimbangan pH. Pilihlah sabun yang dibuat khusus untuk vagina.

 

- Jangan pakai panty liner terlalu lama
Panty liner memang praktis dipakai. Namun, lebih baik panty liner sering diganti untuk mencegah kuman masuk ke vagina.

 

- Jangan gunakan vaginal douch
Vagina douch adalah proses menyemprot air atau cairan tertentu untuk membersihkan vagina. Ternyata proses ini membuat kuman-kuman yang menjaga kesehatan vagina ikut terbilas. Akibatnya, vagina justru rentan terkena infeksi. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)

 



Tags: vagina,   kesehatan,   kegel








Cover Januari - Februari 2020