Mother&Baby Indonesia
Wulan Guritno Ajak Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Wulan Guritno Ajak Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Berdasarkan data GLOBOCAN 2012, setiap harinya ditemukan 26 perempuan Indonesia meninggal karena kanker serviks, yang salah satunya diduga karena masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang penyebab dan pencegahan penyakit serius ini.

 



Hal ini pula yang membuat artis cantik, Wulan Guritno menunjukan rasa pedulinya terhadap penyakit kanker serviks dan ditunjuk sebagai duta #CegahKankerServiks. Ibu dari Shalom Razade ini juga bergabung dengan Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE” untuk mengedukasi dan menghimbau perempuan Indonesia dan masyarakat umum tentang pentingnya pencegahan kanker serviks.

 

Seperti yang diketahui, kanker serviks bisa dicegah dengan melakukan vaksin HPV. Wulan pun mengimbau para perempuan untuk melakukan langkah pencegahan kanker serviks, yang salah satunya bisa dilakukan dengan vaksin.

 

“Vaksin kanker serviks ini sudah bisa dilakukan sejak anak umur 9 tahun. Vaksin itu lebih maksimal lagi, bila dilakukan sebelum menstruasi dan sebelum pernah berhubungan seks, apalagi sebelum punya anak, itu lebih bagus lagi vaksinnya. Jadi harus disosialisasikan ke orang tua, juga remaja,” ujar Wulan ketika ditemui di peluncuran Gelang Harapan #CegahKankerServiks di Jakarta, 20 Desember 2017.

 



Sebagai langkah untuk menyadarkan dan menggugah hati masyarakat akan gentingnya kasus kanker serviks di Indonesia, Wulan bersama Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) bersama Yayasan Dunia Kasih Harapan meluncurkan Gelang Harapan #CegahKankerServiks.

 

“Kami yakin Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini dapat menjadi suatu persembahan dari kami yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat umum, khususnya perempuan, akan kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan,” jelasnya.

 

Hasil penjualan Gelang Harapan ini diharapkan Wulan dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan vaksin nasional bagi penderita kanker serviks yang kurang mampu. Karena diketahui harga vaksin HPV yang masih mahal. “Jadi saudara-saudara kita yang kurang mampu bisa terbantu dan ikut membantu pemerintah untuk memvaksin semua wanita Indonesia dengan vaksin HPV," tambah Wulan.

 

Kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang bisa dicegah, salah satunya dengan vaksin HPV. Untuk itu, yuk bersama #CegahKankerServiks dengan melakukan vaksin. (Vonda Nabilla/TW/Dok. Instagram @GelangHarapan)



Tags: cancer,   kanker,   kanker_serviks,   penyakit,   vaksin










Cover April 2020