Mother&Baby Indonesia
Proses Kelahiran Ibu yang Tidak Instan

Proses Kelahiran Ibu yang Tidak Instan

Moms, tahukah Anda bahwa ketika Anda melahirkan Si Kecil, seorang ibu juga ikut lahir saat itu? Tentunya bukan secara fisik, tapi secara identitas. Seperti yang ditulis oleh psikiater Daniel Stern dalam bukunya “The Birth of A Mother" bahwa melahirkan identitas ibu sama sulitnya dengan proses melahirkan bayi itu sendiri.

 

Perubahan identitas dari seorang istri menjadi ibu sangat sulit karena banyak sekali hal yang berubah, mulai dari fisik hingga psikis. Anda tentu pernah merasakan hal tersebut, terutama perubahan emosi yang sangat cepat.



 

Dimulai dari rasa bahagia yang datang ketika Si Kecil pertama kali ada di pelukan Anda. Kemudian berganti dengan berbagai emosi lain, seperti khawatir akan kemampuan Anda mengurus Si Kecil, rasa bersalah ketika merasa gagal menjadi ibu, dan masih banyak lagi. Beberapa ibu bahkan merasakan frustasi, kekecewaan, kemarahan, bahkan ketakutan.

 

Semua hal itu normal, Moms. Pada kenyataanya, kelahiran ibu tidak langsung terjadi setelah proses persalinan. Fakta menunjukkan bahwa 50-85 persen ibu baru, mengalami fase baby blues dalam proses menemukan identitas baru sebagai seorang ibu. Dibutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup lama untuk bisa memunculkan identitas seorang ibu.

 

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk menjaga jarak antar kehamilan. Hasil riset Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa jarak ideal Moms untuk mempunyai anak lagi perlu waktu 4 hingga 5 tahun. Agar memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan fisik dan mental Anda. Dari aspek kesehatan, jarak antar kehamilan memberikan waktu yang cukup untuk memulihkan kesehatannya setelah hamil dan melahirkan.

 



Si Kecil juga memiliki kesempatan yang cukup untuk mendapatkan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama, menyusui hingga 2 tahun, serta untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Hal ini tentu akan meningkatkan kesehatan keluarga, serta menurunkan risiko kematian ibu dan anak.

 

Jika Anda menyusui, Anda tetap membutuhkan kontrasepsi lho, Moms. Gunakan kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusui, seperti IUD, implan, suntik 3 bulan atau pil KB laktasi. 

 

Moms, yuk awali hari Anda saat terlahir sebagai ibu dengan perencanaan keluarga untuk mewujudkan kebahagiaan keluarga. Rayakan Hari Ibu setiap hari bersama Andalan #AnniMOMsary.

 

Untuk informasi lebih lengkap, cek www.tundakehamilan.com dan sosial media Kontrasepsi Andalan di Instagram @andalankontrasepsi dan Facebook Page Andalan.(Nadia/TW/Dok. Freepik.com)

 



Tags: kontrasepsi,   ibu,   hari_ibu