Mother&Baby Indonesia
Kualitas Tidur Pria Pengaruhi Kesuburannya!

Kualitas Tidur Pria Pengaruhi Kesuburannya!

Bagi pasangan yang sedang mendambakan kehamilan, tahukah Anda kalau kualitas tidur juga turut memengaruhi kemungkinan Anda mendapatkan momongan? Penelitian terbaru di Boston University School of Public Health menunjukkan, bahwa kualitas tidur pria yang sedikit dapat memengaruhi kualitas sperma.

 



Penelitian yang dilakukan terhadap 700 pasangan dalam satu tahun, periset menemukan bahwa pria yang tidurnya kurang dari 6 jam dalam satu hari, memiliki 31 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menghamili pasangannya dibandingkan pria yang tidur 7-8 jam. Bahkan pria yang tidur selama 9 jam lebih, memiliki risiko 49 persen menghamili pasangannya.

 

Menurut Lauren Wise, profesor epidemiologi di Universitas Boston, kurangnya kemungkinan menghamili itu juga tergantung pada hormon sang pria. “Durasi tidur yang buruk bisa memberi kontribusi pada gaya hidup yang tidak sehat, penurunan libido, dan juga penurunan kualitas bercinta,” ujar Lauren Wise.



 

Faktanya, pria dalam penelitian tersebut melaporkan, ia mengalami gangguan tidur sepanjang malam. Pria tersebut juga memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol yang menyebabkan 28 persen lebih kecil kemungkinan untuk menghamili pasangannya.

 

Sementara penelitian ini masih terus dianalisa, Lauren Wise menyarankan untuk meminta pria tidur selama 7-8 jam setiap harinya selama 3 bulan lamanya. Nah, bagi Anda yang belum hamil, dapat mencoba cara tersebut ya, Moms! (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: seks,   fertilitas,   kesuburan,   hamil,   kandungan,   anak,   janin,   bayi










Cover April 2020