Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 29 Desember 2017 / Redaksi

3 Kunci untuk Mendorong Kesuksesan Anak Sejak Dini

Memiliki anak yang cerdas, sehat, dan one step ahead dibanding anak lain tentu menjadi harapan terbesar bagi para orang tua. Mereka adalah anak yang menunjukkan ciri-ciri brilian dalam mengawali kesuksesan hidupnya. Mereka sehat, aktif, cerdas, percaya diri, tangguh, dapat menjadi pemimpin, dan tentu saja ini membuat orang tua bangga.

 

Salah satu rahasia agar anak cerdas adalah dengan mengotimalkan perkembangan otak anak, khususnya di 1.000 hari pertama kehidupan. Kenapa? Karena saat itulah perkembangan otak yang sangat pesat terjadi, Moms! Hal ini terus berlangsung hingga usianya 5 tahun. Menurut penelitian University of Washington,  ukuran otak anak usia 2 tahun itu sudah 80% dari ukuran otak orang dewasa. Bahkan, ada 250.000 neuron yang bertambah setiap menit! Perkembangan otak yang sangat pesat ini menjadi waktu yang tepat untuk membuat Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan selangkah lebih maju. Cara terbaik untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak adalah dengan memberikan 3 hal ini:



 

Nutrisi Terbaik

Beberapa nutrisi yang diperlukan anak untuk mendukung perkembangan otaknya adalah asam lemak esensial omega-3, kolin, dan karbohidrat kompleks. Dengan asam lemak esensial omega-3, perkembangan otak dan mata anak jadi lebih optimal, dan mood Si Kecil juga lebih stabil. Sedangkan kolin adalah nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak dan fungsi ingatan Si Kecil. Otak anak juga membutuhkan karbohidrat kompleks yang merupakan bahan bakar utama berjalannya fungsi otak. Selain itu, Moms juga perlu memberikan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan dan perkembangan sistem saraf pusat pada janin.

 

Stimulasi yang Tepat

Sejak anak baru lahir, Moms sudah bisa memberikannya stimulasi yang dapat mengotimalkan perkembangan otak anak. Stimulasi dapat Moms lakukan setiap ada kesempatan saat berinteraksi dengan Si Kecil. Lakukan setiap hari dan secara terus menerus, dan sesuaikan dengan umur perkembangan dan kemampuannya ya, Moms.

 

Gaya Belajar

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda, dan mengetahui gaya belajar apa yang tepat untuk anak Anda dapat membantu otaknya berkembang lebih gemilang. “Beberapa anak mengerti suatu hal, lebih baik dari apa yang mereka ingat. Ada banyak pola belajar, dan hal terbaik yang bisa dilakukan orang tua adalah mengobservasi apa yang terjadi pada anak mereka, dan gaya belajar apa yang terbaik untuk anak mereka,” ujar Mel Levine, MD, profesor pediatrik di University of North Carolina Medical School.

Selain itu, Moms juga perlu mengoptimalkan proteksi, nutrisi, dan stimulasi Si Kecil agar ia dapat membuka jalan hidupnya menuju sukses sejak dini. Bagaimana ya caranya? Yuk, simak 3 kunci tepat untuk mendorong kesuksesan anak sejak dini.



 

1. Proteksi sistem imun

Tumbuh kembang yang kurang optimal, sering muncul dari anak yang sering jatuh sakit. Sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna, membuatnya rentan terserang virus, bakteri, atau kuman yang kemudian menyebabkan infeksi. Beberapa infeksi yang sering diderita anak misalnya infeksi saluran napas, infeksi saluran kemih, hingga radang selaput otak. Wah, semua ini sangat berbahaya bagi kesehatan Si Kecil. Sebelum itu semua terjadi, sebaiknya Moms mencegahnya dengan memberikan perlindungan terbaik agar anak tidak terserang infeksi. Salah satu perlindungan yang bisa Moms berikan adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh anak, yang bisa didapat dengan menjaga saluran cernanya.

 

2. Proteksi saluran cerna anak

Saluran cerna adalah salah satu organ penting yang berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, imunitas, dan kesehatan anak secara keseluruhan. Saluran cerna yang berfungsi secara optimal menjadi cermin kesehatan anak,” tulis dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) pada situs IDAI. Tidak heran ya Moms kalau saluran cerna menjadi organ kekebalan tubuh yang terbesar. Bagaimana tidak, sekitar 80 persen sel pada saluran cerna menghasilkan antibodi yang menjaga Si Kecil tidak mudah terserang penyakit karena memiliki imunitas yang baik. Tapi waspada dengan adanya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran cerna ya, Moms!

 

3. Proteksi nutrisi seimbang

Moms, makanan bernutrisi seimbang sangat penting bagi kecerdasan anak. Untuk itu, mengkonsumsi berbagai jenis buah, sayuran, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Terdapat beberapa asupan nutrisi yang dianggap penting untuk memperkuat sistem imun Si Kecil, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin D, serta dua mineral yang tidak kalah penting, yakni mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc dan selenium.

Dengan memberikan proteksi optimal melalui 3 kunci di atas, maka Moms sudah turut mendorong kesuksesan Si Kecil sejak dini. Ayo jadikan masa depan anak lebih cemerlang dengan perlindungan yang optimal. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)

 

 

 


RELATED ARTICLE

5 Tips agar Anak Bisa ke Toilet Sendiri

5 Cara Ampuh Mengajarkan Balita agar Lancar Berbicara

Terlalu Banyak Mainan, Justru Kurangi Kreativitas Anak

OTHER ARTICLES

Bayi Pertama di Amerika Lahir dari Transplantasi Rahim

Moms Perlu Tahu, Ini 5 Tanda Pembukaan 1 bagi Ibu Hamil

Adenoid Hypertrophy, Pembesaran Saluran Hidung Anak

Tips Ampuh untuk Ibu-Ibu Modern Zaman Now

Cara Tepat Menaikkan Berat Badan Bayi Anda