Mother&Baby Indonesia
3 Manfaat Berenang bagi Balita

3 Manfaat Berenang bagi Balita

Mengajak Si Kecil berenang saat akhir pekan, sepertinya menjadi aktivitas yang menyenangkan, Moms! Anda dapat menghabiskan waktu menemani Si Kecil, sekaligus melepas lelah karena kesibukan di kantor yang tidak ada habisnya. Dan ternyata, berenang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat bagi Si Kecil lho, Moms! SImak 3 manfaat berenang bagi balita yuk, Moms.

 



1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Gerakan yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan tindakan, membantu otak bayi Anda tumbuh. Gerakan ini dikenal dengan Cross-patterning movements yang akan membangun neuron di seluruh otaknya, terutama di korpus callosum, yang akan meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa dan akademiknya.

 

Sebuah studi terhadap lebih dari 7.000 anak-anak yang dilakukan oleh Griffith University di Australia menemukan, bahwa anak-anak yang berenang lebih tinggi perkembangan fisik dan mentalnya dibandingkan dengan balita yang tidak berenang.

 

2. Mengurangi Risiko Tenggelam



Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam adalah penyebab utama kematian pada anak-anak dan balita. Sebagian besar kasus tenggelam ini terjadi di kolam renang rumah, jadi jika Anda memiliki kolam renang, menagjarkan berenang sejak dini pada Si Kecil sangat diperlukan.

 

Dikutip melalui Healthline.com, sebuah penelitian di tahun 2009, menemukan penurunan risiko tenggelam pada anak-anak berusia 1 sampai 4 tahun sebanyak 88% karena mereka memiliki kemampuan berenang.

 

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dalam sebuah penelitian di Jerman, anak-anak yang telah mengikuti pelajaran berenang dari usia 2 bulan sampai 4 tahun lebih baik menyesuaikan diri dengan situasi baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan lebih mandiri. Keadaan ini karena Si Kecil sering bertemu dengan orang baru, pelatih dan lain-lain saat berenang. Ia akan mudah untuk berkomunikasi dengan orang baru. Yuk, ajak Si Kecil berenang saat akhir pekan, Moms!



Tags: berenang,   balita,   tips,   riset








Cover Januari - Februari 2020