Mother&Baby Indonesia
Terlalu Banyak Mainan, Justru Kurangi Kreativitas Anak

Terlalu Banyak Mainan, Justru Kurangi Kreativitas Anak

Sebagian waktu Si Kecil memang dihabiskan untuk bermain. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa memberikan terlalu banyak mainan justru akan mengurangi tingkat kreativitas Si Kecil.

 



Dikutip melalui Telegraph.co.uk, sebuah penelitian di University of Toledo di Ohio, mengundang 36 balita untuk masuk dalam sebuah ruangan. Balita tersebut diberi waktu satu setengah jam dengan 4 sampai 16 ragam mainan.

 

Peneliti menemukan bahwa anak-anak jauh lebih kreatif saat mereka memiliki lebih sedikit mainan untuk dimainkan. Mereka juga bermain dengan masing-masing selama dua kali lebih lama, memikirkan lebih banyak kegunaan untuk setiap mainan.

 



"Penelitian ini berusaha menentukan apakah jumlah mainan di lingkungan balita mempengaruhi kualitas bermain mereka," kata Dr Carly Dauch, penulis utama penelitian ini.

 

Bermain dengan 16 mainan tampaknya mengganggu durasi dan kualitas bermain. Keberadaan mainan lain yang ada mungkin telah menciptakan sumber gangguan eksternal," tambahnya.

 

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan kepada orangtua, pengasuh dan sekolah untuk memberikan balita lebih sedikit mainan. Ini berguna agar, Si Kecil dapat lebih kreatif yang fokus pada permainan tertentu saja. (Seva Dwi Novridayati/TW/Dok. Freepik)



Tags: mainan,   anak,   bayi,   kreativitas,   penelitian








Cover Maret 2020