Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Kenapa Anak Kidal

Ini Alasan Kenapa Anak Kidal

Setiap manusia terlahir dengan kondiri yang berbeda-beda, termasuk menjadi anak yang kidal. Anak yang lebih banyak menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas merupakan bagian dari 10 persen populasi orang kidal di dunia. Hal menunjukkan bahwa mereka memang unik dan bukan hal buruk jika Si Kecil memang kidal.

 

Sebenarnya tidak ada usia tertentu saat Si Kecil menunjukkan ciri-ciri ini. Beberapa anak mulai menunjukkan dominasi tangan kiri ketka ia berusia 12-18 bulan dan beberapa baru terlihat ketika berusia 3-4 tahun.



 

Alasan Anak Kidal
Menurut penelitian yang dilakukan di University of Southampton, Inggris, kidal atau tidaknya seseorang akan mulai terprogram ketika ia masih di dalam kandungan. Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah asupan nutrisi. Penelitian ini menganalisis 212 anak yang berusia 14-16 tahun.

 

Hasilnya, anak-anak yang lahir dengan berat badan rendah di kelompok ini, banyak menggunakan tangan kirinya ketika beraktivitas. Penelitian ini pun menimbulkan kontroversi. Beberapa peneliti menganggap faktor urutan lahir, jenis kelamin, dan kondisi kehamilan juga seharusnya diperhitungkan.

 

Namun, tim dari University of Southampton yakin bahwa berat lahir sangat berpengaruh pada kidal atau tidaknya seseorang.

 

Kidal Bukan Masalah
Anak kidal sering dianggap tidak sopan, misalnya karena lupa bersalaman dengan tangan kanan. Padahal, menurut Sylvia Weber, ahli biologi, penulis, dan kepala sebuah lembaga konsultasi khusus untuk orang kidal di negara bagian Bavaria, Jerman, dominasi tangan kiri menandakan bahwa aktivitas otak sebelah kanan lebih dominan.

 



Demikian juga sebaliknya, dominasi aktivitas otak kiri menandakan tangan kanan Si Kecil lebih kuat. Ini menjelaskan mengapa para ahli tidak menyarankan orang tua untuk mengoreksi Si Kidal dan memintanya melakukan sesuatu dengan tangan kanan.

 

Hal ini akan menghambat aktivitas otak sebelah kanannya. “Tak jarang anak kidal yang mengalami hal ini, terganggu ingatan dan perkembangan rentan konsentrasinya,” jelas Weber.

 

Tanda dan Ciri Anak Kidal:

1. Saat makan, Moms coba perhatikan tangan mana yang dipakai Si Kecil untuk memegang sendok.

2. Jika menendang atau melempar bola, kaki dan tangan yang digunakan akan memperlihatkan mereka kidal atau tidak.

3. Ketika menulis atau menggambar, Moms juga bisa mengira bahwa Si Kecil kidal jika ia menggunakan tangan kiri.

4. Orang kidal biasanya akan berdiri seimbang dengan kaki kiri. Maka, Moms bisa mencoba meminta anak untuk berdiri dengan satu kaki dan lihat mana tumpuan kaki yang membuatnya seimbang. (Rosa Ayu Hapsari/Vonia Lucky/TW/Dok. Free Digital Photos)
 



Tags: anak,   kidal,   tangan kiri,   tanda,   ciri








Cover September 2019

Related Article