Mother&Baby Indonesia
20 Fakta Menarik tentang Natal untuk Anak

20 Fakta Menarik tentang Natal untuk Anak

Setiap tahun, umat Kristiani merayakan kelahiran Yesus Kritus yang juga disebut sebagai Hari Natal. Banyak cerita di balik hari yang penuh keceriaan di akhir tahun ini, khususnya bagi anak-anak. Selain menyambut kelahiran Yesus Kristus, Natal juga memiliki beberapa fakta menarik yang bisa Moms bagikan pada Si Kecil. Simak 20 fakta menarik berikut ini:


1. Natal dijadikan hari libur setiap tahun dan dilaksanakan pada 25 Desember untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus.

2. Pada hari kelahirannya, bayi Yesus menerima hadiah dari tiga orang majus yang mencari tempat kelahiran sang bayi. Tiga hadiah yang didapat sang bayi adalah emas, kemenyan, dan mur.



3. Pohon Natal juga dikenal dengan sebutan Pohon Yule.

4. Beberapa orang mengatakan bahwa masa Natal pertama diawali saat Santa datang pada hari terakhir Macy’s Thanksgiving Parade (Parade Hari Pengucapan Syukur Macy's).

5. Dalam bahasa Inggris, Natal diartikan dalam kata Christmas atau X-Mas. X-Mas sendiri memiliki arti X sebagai Christ atau Kristus dalam bahasa Yunani, sehingga kata ini sering digunakan untuk menyingkat kata Christmas itu sendiri.

6. Pada 1836, Alabama menjadi negara bagian Amerika Serikat pertama yang melegalkan hari Natal sebagai hari libur.

7. Pada Juni 1970, pemerintah pusat Amerika Serikat meresmikan hari Natal sebagai hari libur nasional.

8. Di dunia ini, terdapat dua pulau yang diberi nama Christmas. Satu Pulau Christmas yang sebelumnya bernama Kiritimati berada di Samudra Pasifik. Pulau Christmas lainnya berada di Samudra Hindia.

9. Dahulu, pohon Natal biasanya dihiasi makanan ringan seperti kacang-kacangan, apel, dan kurma.

10. Pada abad ke-18, barulah pohon Natal dihias dengan lilin indah nan cantik.

11. Pohon serta segala sesuatu yang berhubungan dengan Natal menggunakan eletrik baru digunakan pada 1895.



12. Pada awalnya, kegiatan tukar kado saat Natal dilarang oleh Gereja Katolik. Namun sekarang, aturan tersebut telah diubah sesuai perkembangan jaman.

13. Pohon Natal biasanya identik dengan bentuk pohon cemara yang tumbuh dengan baik saat musim dingin tiba.

14. Pohon Natal tertinggi pernah dibuat di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada tahun 1950. Tingginya mencapai 221 kaki, loh!

15. Hari Natal juga memiliki ciri khas, yaitu Sinterklas. Karakter ini muncul berdasarkan kisah Santo Nikolas yang mencintai anak-anak dan senang memberikan hadiah kepada mereka secara sembunyi-sembunyi.

16. Jika mendengar kata Sinterklas atau Santa Claus, pasti yang teringat adalah para rusa yang membawa kereta salju terbang ke angkasa. Ternyata, para rusa ini memiliki nama masing-masing. Rudolph menjadi yang paling dikenal dengan hidung merahnya, kemudian Cupid, Dancer, Vixen, Dunder, Comet, Dasher, Prancer, and Blixem yang siap membantu menerbangkan kereta ajaib Sinterklas.

17. Sinterklas dipercaya bisa melihat mana anak-anak yang berkelakuan baik atau buruk. Jika anak tersebut berkelakuan baik, maka ia akan membawakan hadiah kepada mereka di malam Natal (24 Desember).

18. Berbeda dengan yang berkelakuan baik, anak-anak yang bersikap buruk akan bertemu dengan sweterpit, karakter yang digambarkan hitam dan seram. Karakter ini akan mendatangi anak-anak dan menghukum mereka supaya berubah menjadi anak baik di tahun berikutnya.

19. Salah satu tradisi saat Natal adalah menyanyikan lagu-lagu pujian yang dengan penuh sukacita. Tradisi yang populer di Inggris ini memiliki makna memberikan kesehatan dan keberuntungan pada seseorang. Santo Fransiskus dari Assisi pun mengubah tradisi ini ke dala format yang lebih modern seperti menggunakan instrumen orkestra.

20. Jika Anda penasaran dengan hadiah Natal terbesar, tentunya ada dan dimiliki oleh Amerika Serikat. Hadiah tersebut adalah Patung Liberty atau ikon dari AS yang diberikan pada 1886 oleh Perancis.

Nah, ada ga nih fakta yang baru Moms ketahui setelah membacanya di atas? Fakta tersebut tentunya bisa dijadikan kisah tersendiri untuk Si Kecil dan teman-temannya sebagai hadiah spesial saat hari Natal. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: info,   fakta,   natal,   anak








Cover Januari - Februari 2020