Mother&Baby Indonesia
Perhatian Ibu, Sumber Kebahagiaan Anak

Perhatian Ibu, Sumber Kebahagiaan Anak

Moms, membahagiakan Si Kecil tentu adalah keinginan tiap ibu di seluruh dunia ini. Untuk mendapatkan senyum dan kebahagiaan Si Kecil, tidak selalu berkaitan dengan mainan atau taman bermain di luar negeri lho, Moms. Karena yang paling dibutuhkan Si Kecil adalah perhatian.

 

Fakta ini didukung oleh sejumlah penelitian. Anak yang mendapat cukup perhatian dari orang tuanya akan menjadi anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi, nilai akademik yang baik, dan lebih terbuka pada orang tua. Anak-anak ini juga berisiko lebih rendah mengalami masalah perilaku dan psikologi. Sebaliknya, anak yang tidak mendapatkan perhatian akan tumbuh menjadi sosok yang tidak percaya diri, agresif, dan anti-sosial.



 

Selain karakter yang lebih baik, perhatian ibu juga berefek pada masa depan anak lho, Moms. Penelitian dari Duke University Medical School di tahun 2010 menunjukkan fakta ini. Dilakukan selama 30 tahun, para peneliti mengikuti kehidupan 500 bayi sejak usia mereka 8 bulan. Hasilnya, anak dari ibu yang perhatian dan penuh kasih sayang, menjadi individu yang lebih bahagia dan lebih tangguh dibandingkan anak-anak yang ibunya kurang perhatian.

 



Penelitian lain di 2015 dari University of Notre Dame melakukan interview dengan 600 orang dewasa tentang perhatian yang mereka dapatkan pada saat masih bayi. Ternyata, partisipan yang menerima lebih banyak perhatian di masa kanak-kanak dulu, tubuh menjadi orang yang penyayang. Sementara partisipan yang merasa tidak diperhatikan oleh orang tuanya, mengalami lebih banyak masalah mental, mudah marah, dan tidak memiliki empati.

 

Nah, Moms. Peran ibu memang sangat penting ya untuk Si Kecil. Bukan hanya tumbuh kembangnya tapi juga untuk masa depannya kelak. Kasih sayang dan perhatian Anda adalah sumber kebahagiaan Si Kecil saat ini dan akan terus ia bawa sampai dewasa nanti. Oleh karena itu, jangan lupa bahagia ya, Moms. Karena kebahagiaan Anda akan membuat Si Kecil juga ikut bahagia. Kepada seluruh ibu di Indonesia, selamat Hari Ibu. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: ibu,   perhatian,   tips








Cover Maret 2020