Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 6 Desember 2017 / Redaksi

Tahapan Tertawa pada Bayi

Tahapan Tertawa pada Bayi

Moms, pasti bahagia sekali ketika melihat Si Kecil sudah bisa tersenyum, bahkan tertawa geli. Canda tawa Si Kecil memang akan membuat seluruh anggota keluarga bersukacita dan suasana di rumah makin ramai. Tertawa bersama Si Kecil tidak hanya menyenangkan, tetapi juga meningkatkan kemampuannya dalam bersosialisasi.

 

Selain meningkatkan perkembangan sosialnya, selera humor Si Kecil juga dikaitkan dengan kecerdasan, kepercayaan diri, kreativitas, dan kemampuannya, memecahkan masalah. Ahli humor dari Amerika Serikat, Paul McGhe pun menekankan bahwa humor merupakan bentuk permainan yang cerdas. Jadi, membuat Si Kecil tertawa akan membawa keuntungan bagi tumbuh kembang otaknya. Nah, Moms bisa menstimlasi selera humor Si Kecil sesuai dengan pertambahan umur di setiap tahapnya.

 

Usia 0-6 bulan
Bayi newborn memang belum bisa diajak bercanda. Tetapi, coba perhatikan Moms, ia suka tersenyum, bukan? Mark Gentleman, M.D, dokter anak dan pemilik Dr. Goofy Getwell Pediatrics di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat, mengatakan bahwa bayi sudah bisa tersenyum sejak ia di dalam kandungan. Namun, senyuman pertama setelah ia lahir bukanlah respon dari orang di sekitarnya. Itu merupakan senyuman refleks, sama seperti refleks pergerakan tangan maupun kaki.

 

Baru pada usia 6-8 minggu, Si Kecil mulai tersenyum sebagai reaksi dari pengalaman sensori yang ia anggap menyenangkan. Misalnya, sensori dari pelukan, suara, dan wajah. Kemudian, di usia 2-3 bulan, ia mulai menunjukkan senyum sungguhan yang merespon sesuatu, seperti tersennyum setelah melihat wajah Moms atau mendengar suara Moms yang lucu. Si Kecil juga sudah mulai belajar tertawa lho, Moms.

 

Usia bertambah, selera humornya pun makin berkembang. Anda akan dibuat terkejut dengan segala tingkah lakunya. Pada usia 5 bulan, ia akan mudah tertawa geli dan menjerit saat kegirangan. Ia akan tertawa ketika orang lain bereaksi tertawa juga karena ada sesuatu yang mengejutkan, seperti barang terjatuh. Saat Si Kecil tertawa menjadi tanda bahwa otaknya sedang berkembang untuk memahami dunia sekitarnya. Berinteraksilah dengan Si Kecil. Ajak ia berbicara, bercanda, dan tertawa bersama.

 

Bagi Moms yang ingin mengetahui cara melatih tawa Si Kecil di usia 6-12 bulan dan 1-3 tahun, semuanya lengkap tercantum pada Majalah Mother & Baby edisi November 2017. (Risia Ruswati/Vonia Lucky/TW/Dok.Freepik)







RELATED ARTICLE

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Nipple Shield

6 Cara Mudah untuk Merangsang Penglihatan Bayi

Perkembangan Kemampuan Bicara Anak




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu