Mother&Baby Indonesia
Selamat Jalan Adam Fabumi, Sang 'Ketua Geng Komplek'

Selamat Jalan Adam Fabumi, Sang 'Ketua Geng Komplek'

Anak yang sehat, cerdas, dan tumbuh kembangnya optimal, tentu menjadi harapan seluruh orang tua di dunia. Begitu pula dengan Ratih dan Ludi, orang tua dari Adam Fabumi Kamaludin, yang mengalami trisomi 13 dan Dandy Walker Syndrome sedari lahir. Walau keluarga ini telah berjuang begitu keras demi tumbuh kembang Adam yang optimal, namun Tuhan berkata lain. Pada 22 November 2017, Adam berpulang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa. Perjuangannya telah berakhir, penyakitnya telah pergi, dan kini ia tengah bermain riang di surga.

Adam Fabumi mulai dikenal publik karena perjuangannya melawan sakit yang ia alami sejak lahir. Adam menderita salah satu penyakit langka bernama Trisomy 13 atau patau syndrome. Saat di dalam rahim, anak seharusnya memiliki dua salinan kromosom dan terdapat 23 pasang kromosom dalam tubuh. Namun pada penyakit ini, terdapat salinan ketiga yang hadir dalam kromosom 13 tersebut.



Hal ini pun menyebabkan adanya kelainan dalam tubuh anak, seperti kelainan otak hingga kebocoran pada jantung. Pada Adam, kelainan terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti mata yang menutup, jumlah jari lebih banyak, dan juga hernia. Selain Trisomy 13, bayi Adam juga menderita Dandy Walker Syndrome atau kondisi otak yang tidak berkembang.



Akun Instagram @adamfabumi pun langsung dibanjir ucapan belasungkawa dan doa dari semua orang yang mengasihi Adam. Tak terkecuali musisi RAN yang sempat membuatkan lagu berjudul 'Melawan Dunia' yang berkolaborasi dengan Yura Yunita. Lagu ini mengisahkan upaya Ratih dan Ludi dalam merawat buah hati mereka yang saat ini sudah berpulang ke hadiratNya. Selamat Jalan Adam Fabumi, sang “Ketua Geng Komplek”. (Vonia Lucky/TW/Dok. Instagram @adamfabumi)



Tags: bayi,   trisomy 13,   daddy walker syndrome,   kelainan,   anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020