Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 29 November 2017 / Redaksi

5 Kota Dengan Biaya Persalinan Tertinggi


Selain menguras tenaga dan pikiran, persalinan juga dapat menguras kantong Anda dalam-dalam. Bukan rahasia lagi kalau biaya persalinan akan semakin tinggi jika Anda melahirkan di rumah sakit kelas atas, namun ternyata biaya ini akan semakin tinggi jika Anda melahirkan di beberapa kota dengan biaya melahirkan tertinggi.

 

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh perusahaan yang bergerak d bidang informasi kesehatan, Castlight Health, berhasil mencatat urutan teratas dari 30 kota dengan biaya persalinan termahal di Amerika Serikat (AS). Simak daftarnya yuk, Moms.

 

Sacramento
Jika Ada berpikir bahwa New York pasti akan menempati urutan teratas, maka Anda keliru. Menurut penelitian tersebut, ibu kota negara bagian California, Sacramento, menempati urutan teratas untuk urusan biaya persalinan. Harga rata-rata yang bisa dihabiskan untuk sebuah proses melahirkan normal saja mencapai US$ 15.420 atau sekitar Rp 208 juta. Sementara untuk biaya melahirkan Caesar dapat mencapai US$ 27.067 atau sekitar Rp 365 juta rupiah.

 

San Fransisco
Masih dari wilayah peisisir barat Amerika, San Fransisco masuk di jajaran ke dua sebagai kota termahal untuk melahirkan menurut penelitian yang sama. San Fransisco memang memiliki reputasi sebagai kota dengan biaya hidup termahal di AS. Rata-rata, Anda dapat menghabiskan uang sebesar US$ 15.204 atau sekitar Rp 205 juta, sebuah angka yang cukup fantastis untuk sebuah persalinan normal.

 

New York
Di kota besar seperti New York biaya untuk melahirkan melalui proses Caesar maupun normal dapat memakan biaya sekitar US$ 10.000 (setara dengan Rp 135juta) sampai US$ 15.000 (setara dengan Rp 202 juta). Meski begitu, New York juga memiliki beragam pilihan persalinan terbesar yang memungkinkan Anda beralih ke rumah sakit yang lebih murah, ketika biaya di salah satu rumah sakit terasa terlalu mahal. Permasalahan di kota urban ini adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan dalam hal membesarkan seorang anak, yang bisa melampaui biaya hidup sebuah keluarga di wilayah lain.

 

Indianapolis
Salah satu kota terbesar di AS ini menjadi salah satu tempat termahal untuk memiliki bayi. Meski tidak memiliki kesan sebagai sebuah kota urban yang padat, di kota ini Anda bisa menghabiskan biaya sekitar US$ 10.000 atau setara dengan Rp 135juta untuk sebuah proses kelahiran, baik melalui proses normal ataupun sesar.

 

Denver, Colorado
Memiliki cuaca, pemandangan, dan suasana yang nyaman, Denver, Colorado, menjadi salah satu tempat paling diinginkan untuk membangun sebuah keluarga. Biaya hidup di Kota ini juga cenderung masuk akal, serta memilki banyak kesempatan bagus untuk pertumbuhan keluarga. Namun tidak pernah ada kota yang benar-benar sempurna, di Denver biaya melahirkan atau rata-rata kelahiran Caesar bisa memakan biaya sekitar $ 10.000  atau setara dengan Rp 135juta. (Binar Murgati Pardini/TW/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

Persalinan En Caul (Masih Terbungkus Kantung Ketuban)

Koma saat Melahirkan, Ibu Ini Terbangun Merasa Usia 13

10 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Pasca-Melahirkan



OTHER ARTICLES

5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

Resep Mudah Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Bayi Ini Punya Rambut ‘Jabrik’ Langka

Saat Bayi Menggigit