Mother&Baby Indonesia
10 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Pasca-Melahirkan

10 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Pasca-Melahirkan

Sebagai ibu baru, Anda pasti melakukan dan memberikan segala yang terbaik untuk bayi Anda. Namun perlu diingat, segala yang baik untuk diri Anda juga memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil lho, Moms. Contoh paling sederhana adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, yang tentu kebaikannya dapat dinikmati juga oleh bayi Anda melalui ASI. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan Si Kecil, dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Dilansir dari Naturalon.com, simak 10 makanan terbaik untuk dikonsumsi para ibu yang baru melahirkan, yuk!

 



1. Salmon

Ikan menjadi salah satu bahan pangan yang wajib dikonsumsi para Moms pasca-melahirkan. Dan salmon adalah salah satu ikan yang baik (juga enak) untuk dikonsumsi nih, Moms. Tidak hanya enak, kandungan DHA dalam salmon juga efektif membantu mengurangi rasa depresi pasca-persalinan. DHA juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil kelak lho, Moms. Jika Anda ingin mengonsumsi salmon segar, batasi dengan mengonsumsi hanya 12 ons per minggu. Atau Anda bisa mengonsumsi sebanyak-banyaknya dengan menikmati salmon kalengan.

 

2. Gandum

Bahan makanan yang satu ini bisa dijadikan menu utama saat sarapan, atau sebagai camilan. Gandum mengandung kalsium, serat, zat besi, dan juga protein. Memakan gandum akan membantu Moms dalam mencegah sembelit dan menghilangkan lemak jahat dalam tubuh. Penyajiannya pun bisa divariasikan dengan buah segar atau susu sehingga menjadi kudapan yang lezat.

 

3. Daging

Mengurus bayi tanpa mengenal waktu tentu kerap membuat Moms kelelahan.Mereka pun membutuhkan asupan energi ekstra agar tetap bersemangat sepanjang hari. Memakan daging menjadi penting, terutama daging hewan yang memakan rumput hijau seperti sapi. Usahakan untuk konsumsi daging organik, ya Moms, supaya energi tetap terjaga. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya dua kali penyajian dalam satu minggu.

 

4. Olahan Susu Murni

Konsumsi produk olahan dari susu murni penting selama masa menyusui. Keju, yogurt, atau susu bisa menjadi pilihan Moms untuk menjaga kualitas ASI. Kandungan kalsium, protein, vitamin B dan D akan membantu dalam menjaga tulang yang tidak hanya untuk Moms, tetap juga untuk batita selama proses menyusui. Usahakan untuk mengkonsumsi tiga gelas susu setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

 

5. Biji Wijen

Ternyata, biji wijen sangat bermanfaat bagi Moms pasca melahirkan, loh. Kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan copper atau tembaga untuk kesehatan tulang. Biji wijen juga bis membantu memulihkan bagian tubuh yang dengan cepat. Taburkan biji wijen pada makanan Moms seperti di salad atau menu kesukaan lainnya.



 

6. Jahe

Manfaat jahe ternyata tidak hanya untuk menghangatkan badan saja. Jahe juga mengandung vitamin seperti B6 untuk menjaga kekebalan tubuh dan E agar tetap cantik dengan mengonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan. Jahe juga memiliki zat besi, serat, selenium, manganese, dan potassium untuk kesehatan tulang. Moms bisa menikmati jahe dengan teh hangat dan madu saat pagi juga malam hari bersama pasangan.

 

7. Kacang Almond

Manfaat kacang almond ternyata sangat banyak dan baik untuk Moms pasca melahirkan. Mulai dari kalsium hingga vitamin B12 menjadi bagian yang terkandung di dalam kacang ini. Sangat bisa dijadikan cemilan saat kapanpun juga atau kudapan saat sedang menjaga si kecil.

 

8. Kunyit

Campurkan bubuk kunyit pada menu makanan Moms untuk mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan. Konsumsi kunyit dapat membantu mencegah proses peradangan dan mengatasi rasa sakit Moms di bagian perut. Teh dari kunyit juga bisa menjadi pilihan Moms untuk menjaga kesehatan tulang.

 

9. Miller atau Jawawut

Untuk Moms milenial, mungkin terasa asing dengan bahan makanan jawawut ini. Salah satu bagian dari biji-bijian ini sebenarnya kaya akan zat besi dan kalsium. Bagi Moms yang tidak kuat dalam mengonsumsi susu, bisa menggantinya dengan jawawut. Untuk menikmatinya, jawawut bisa diolah seperti gandum dan ditambahkan sayur atau kelompok berry dan madu sebagai pemanisnya.

 

10. Sayuran Hijau

Bahan makanan yang tak kalah penting adalah sayuran hijau, terutama yang berwarna agak gelap. Selain menjadi penambah energi, juga dapat membantu Moms lebih sehat dan bugar. Suka bayam atau brokoli, bisa Moms tambahkan dalam salad atau dijadikan sup segar sebagai menu makan siang. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: melahirkan,   makanan,   nutrisi,   persalinan,   gizi








Cover Januari - Februari 2020