Mother&Baby Indonesia
8 Tanda Hubungan Pernikahan Anda Kuat!

8 Tanda Hubungan Pernikahan Anda Kuat!

Dalam menjalani sebuah hubungan, setiap pasangan pasti merasakan adanya pasang surut. Walau begitu, di balik segala perdebatan tentang pembagian tugas rumah tangga serta makan malam romantis, ada beberapa tanda yang menunjukkan kuatnya (dan harmonisnya) hubungan rumah tangga Anda. Dilansir dari Business Insider Singapore, simak 8 tanda kuatnya hubungan Anda dan pasangan.

 

1. Sering memikirkan pasangan anda ketika tidak sedang bersama

Dalam sebuah riset yang melibatkan hampir 300 orang yang telah berpasangan, para peneliti menyatakan bahwa terdapat beberapa karakteristik yang berkaitan dengan kuatnya rasa sayang seseorang kepada pasangannya. Karakter yang paling menarik adalah semakin sering seseorang memikirkan pasangan mereka maka semakin sayang orang itu kepada pasangannya.

 

2. Muncul respons positif atas kabar baik dari pasangan Anda

Lauren Friedman, melalui Business Insider, menyatakan bahwa bagaimana seseorang merespons kabar baik dari pasangannya dapat menjadi tes keharmonisan sebuah hubungan. Dalam postingan Psycology Today juga dinyatakan, bahwa hubungan yang menyenangkan sangat berhubungan erat dengan respons yang konstruktif serta aktif terhadap kabar baik pasangannya.

 

3. Tidak merasa perlu terus bersama

Keinginan untuk terus bersama dalam menghabiskan waktu bukanlah ciri yang baik dalam sebuah hubungan. Eli Finkel, seorang psikolog yang menemukan penelitian itu, menyarankan untuk tidak selalu melibatkan pasangan Anda dalam kebutuhan eksistensi. Namun, cobalah lakukan hobi, bertemu kawan, maupun bekerja.

 

4. Selera humor yang serupa

Pada Business Insider, Neil Clark Warren, seorang psikolog serta pendiri dating site eHarmony, menyatakan bahwa humor dapat menjadi “social lubricant” dalam sebuah hubungan yang romantis. Menurutnya, memiliki 'bahasa pribadi' dengan pasangan Anda (seperti memiliki panggilan dan lelucon yang hanya dimengerti oleh Anda berdua) dapat mempererat hubungan Anda.

 

5. Pembagian tugas rumah tangga yang adil

Dalam sebuah pemungutan suara, 62% orang dewasa setuju bahwa membagi tugas rumah tangga sangatlah penting sebagai faktor kesuksesan sebuah hubungan pernikahan.

 

6. Mencoba hal-hal baru bersama

Dari sebuah penelitian yang dimuat di Sage Journals tahun 1993, ditemukan bahwa pasangan yang melakukan hal-hal baru bersama cenderung untuk memiliki hubungan yang lebih menyenangkan daripada pasangan yang melakukan hal-hal rutin bersama.

 

7. Tidak memiliki banyak permasalahan ekstrim

Sebuah penelitian yang mengamati hampir 400 pasangan, didapati empat pola komitmen yaitu dramatic, conflict-ridden, socially involved, dan partner-focused. Gary Lewandowski, seorang psikolog serta relationship expert, dalam laman website Science of Relationship menyatakan bahwa pasangan dengan pola komitmen dramatic menunjukkan banyak fluktuasi dalam komitmen kepada pasangan mereka dari waktu ke waktu.

 

8. Tahu cara untuk pulih dari pertengkaran

Yang terpenting bukanlah untuk menghindari maupun meniadakan konflik, tapi bagaimana anda menyelesaikan permasalahan itu dan pulih darinya. John Gottman, seorang psikologis serta relationship expert, memberi tahu pihak Business Insider bahwa ciri utama dari hubungan yang kuat adalah kemampuan untuk dapat pulih dari pertengkaran. (Gabriela A. Pramesvari/TW/Dok. Freepik)



Tags: pernikahan,   hubungan,   relationship,   riset,   penelitian,   harmonis,   pasangan