Mother&Baby Indonesia
Kandungan Unik dalam Air Susu Ibu

Kandungan Unik dalam Air Susu Ibu

Semua orang pasti setuju kalau ASI merupakan cairan terbaik yang diberikan untuk bayi baru lahir. Karena, ASI memiliki kandungan yang unik dan mampu membuat bayi sehat serta terpenuhi semua gizinya.

 

“ASI mengandung antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi, menyediakan sumber nutrisi yang mudah diserap dan sesuai dengan kebutuhan bayi. ASI juga mengandung hormon pertumbuhan yang sangat dibutuhkan bayi,” ujar dr. Meta Hanindita, Sp.A dari RS Dr.Soetomo, Surabaya.



 

Pada awal menysui, Moms akan mengeluarkan cairan kolostrum yang akan terlihat lebih kental dan keluar hanya selama 3 hari pertama. Kolostrum mengandung Imunoglobulin A (IgA) dan laktoferin lebih banyak. Gunanya untuk melindungi bayi dari virus dan bakteri.

 

Tidak hanya itu saja, kolostrum juga mengandung protein, vitamin A, E, K, asam sialat, lemak baik, dan beberapa mineral (sodium, besi, seng, belerang, kalium, mangan, selenium), beta karoten yang tinggi, dan lain-lain. Berikut beberapa kandungan ASI yang perlu Moms ketahui.

 

1. Laktosa



Laktosa adalag karbohidrat utama sebanyak 40% dalam ASI. Fungsinya sebagai salah satu sumber energi untuk otak. Laktosa membantu mengurangi bakteri tidak sehat di perut, meningkatkan penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium, serta menumbuhkan bakteri sehat dalam perut.

 

2. Protein

Pada umunya, protein pada ASI terdiri dari protein whey sebanyak 60 persen dan kasein 40 persen. Keseimbangan protein dalam ASI ini diperlukan agar dapat diserap lebih mudah oleh tubuh dan memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan protein yang terdapat dalam ASI adalah laktoferin, sekretorik IgA, IgG, dan Igm, lysozim, faktor bifidus, kasein, dan lipase.

 

Moms ingin tahu kandungan unik dari ASI lainnya? Moms bisa menemukannya di majalah Mother & Baby edisi November 2017. Terdapat 3 kandungan lainnya yang bisa Moms baca dan ketahui manfaatnya untuk Si Kecil. Selain itu, ada sharing dari Moms lainnya juga. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: asi,   bayi,   kandungan unik,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020