Mother&Baby Indonesia
4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Coba Anda ingat lagi, kegiatan apa saja yang biasanya Anda lakukan saat bangun tidur? Apakah langsung mengambil gadget lalu bermain games, atau browsing situs yang tidak terlalu penting? Disadari atau tidak, kegiatan yang kurang efektif seperti itu, dapat merusak fokus dan menurunkan produktivitas kerja Anda seharian.

 

Orang-orang sukses, seperti penemu jejaring sosial Tumblr, David Karp, motivator Tony Robbins, career writer Brian Tracy,penulis Eat That Frog!, serta CEO Apple Steve Jobs memiliki trik tersendiri dalam menggunakan waktu 1 jam pertam amereka. Apa saja trik yang mengantar mereka meraih kesuksesan luar biasa dalam berkarier itu?



 

1. Bersyukur
Ada sebuah pertanyaan sederhana yang sering dilontarkan banyak orang, bagaimana cara orang sukses memulai hari mereka? Tony Robbins mengatakan, seseorang yang sukses pasti akan memulai harinya dengan bersyukur. Anda pun bisa melakukannya dengan menciptakan suasana tenang selama 10 menit dan pikirkanlah hal-hal yang membuat Anda lebih berse,amgat untuk terus melakukan yang terbaik.


2. Tidak Mengecek E-mail
David Karp mengaku berusaha keras untuk tidak mengecek e-mail sebelum pukul 9.30-10.00. “Membaca e-mail saat masih berada di rumah, sangatlah tidak produktif dan merusak fokus. Kalau ada urusan penting, seseorang kan bisa langsung menelepon saya,” ujar David. Daripada melakukan itu, lebih baik Anda langsung bersiap-siap untuk berangkat ke kantor atau membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Hal itu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan semua prioritas pekerjaan, sehingga waktu bekerja pun terpakai secara efektif.




3. Tentukan Tujuan, Singkirkan Gangguan
sebelum melakukan suatu pekerjaan, tanyakan terlebih dahulu pada diri Anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi jika Anda menyelesaikan atau tidak menyelesaikan pekerjaan dan memahami pengaruhnya bagi masa depan. Anda juga harus siap menyingkirkan segala godaan yang dapat menggangu kinerja, seperti rencana makan siang di luar yang menghabiskan waktu lama.


4. Harus Yakin
melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai tentunya tidak akan menghasilkan apa-apa, baik untuk saat ini, maupun beberapa tahun ke depan. Untuk menghindari hal itu terjadi pada dirinya, Steve Jobs memiliki ritual khusus setiap pagi sebelum memulai pekerjaannya.

 

"Waktu berusia 17 tahun, saya membaca kutipan yang bunyinya 'Hiduplah seolah-olah ini hari terakhirmu, agar kamu selalu ingin melakukan yang terbaik'. Ini sangat melekat dalam diri saya, setidaknya selama 33 tahun setelahnya. Setiap pagi sebelum melakukan sesuatu, saya selalu berdiri di depan kaca dan bertanya pada diri sendiri, 'Jika ini adalah hari terakhir saya hidup di dunia, apakah saya benar-benar yakin ingin melakukan pekerjaan yang harus dilakukan hari ini?' apabila saya ragu dan menemukan banyak kata 'tidak' terhadap hal tersebut, maka saya akan menggantinya dengan rencana lain,” tegasnya. (Dina Christin/Vonia Lucky/TW/Dok.Freepik)



Tags: ibu,   bekerja,   karier,   kerja








Cover Januari - Februari 2020