Mother&Baby Indonesia
10 Kegiatan agar Hari Anda Jadi Lebih Baik

10 Kegiatan agar Hari Anda Jadi Lebih Baik

Memulai kegiatan di pagi hari untuk beberapa orang sangat melelahkan. Apalagi untuk para Moms yang harus terjaga di malam hari karena waktu tidur anak yang belum tentu saat di awal kelahirannya. Memang sulit untuk membangun semangat di pagi hari dengan tubuh yang lelah. Namun 10 hal ini bisa menjadi tips untuk Moms agar hari yang dijalani dapat berjalan dengan baik dan penuh senyuman. Dilansir dari Thisisinsider.com, simak 10 kegiatan pagi berikut ini, yuk.

 

1. Berjalan Sejenak



Berjalan kaki sejenak di pagi hari tidak harus di atas threadmill atau di gym lho, Moms. Anda dapat melakukannya di taman atau pemukiman rumah Anda sekitar 30 menit. Lakukanlah sebelum jam 9 pagi, di mana Anda masih bisa menikmati udara pagi yang segar. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa melakukan jalan pagi sebanyak 3 jam per minggu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke sekitar 35 persen.

 

2. Merapikan Tempat Tidur

Satu hal kecil bisa memberikan efek yang besar, termasuk saat merapikan tempat tidur. Seperti yang dikatakan penulis sekaligus aktor William McRaven pada Business Insider, merapikan tempat beristirahat bukan hanya melempar selimut dan batal. Melakukan hal ini dapat memberi rasa bangga pada diri sendiri meskipun hanya hal sederhana. "Tidak memerlukan waktu satu jam untuk melakukannya, namun Anda sudah bisa merasakan kepuasan dari hal ini," ujar William.

 

3. Minum Air Putih

Manusia kehilangan cairan bahkan ketika bernapas dan berkeringat, kedua hal ini pun bisa terjadi saat kita tertidur. Dehidrasi sendiri bisa menyebabkan Anda merasa linglung atau kurang fokus, pusing, bahkan pingsan. Untuk itu, minum segelas air putih di pagi hari dapat membuat Anda lebih fokus dan mampu berkonsentrasi untuk memulai hari.

 

4. Membaca Buku

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca dapat mengurangi stres dan meningkatkan empati seseorang. Hal ini akan mempengaruhi Anda dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja sepanjang hari. Bukunya pun tidak harus yang tebal, bisa dengan koran atau majalah. Hal ini akan sangat membantu Anda sebelum membaca email dan teks lainnya di tempat kerja.

 

5. Menulis “Tiga Hal Baik”

Satu kali sehari, coba Moms tuliskan tiga hal yang berjalan dengan baik di hari itu, dan sertakan alasannya. Hal ini hanya membutuhkan waktu 10 menit dan berdampak besar untuk Anda, lho! Seorang psikolog yang mengembangkan hal ini menemukan bahwa melakukan kegiatan menulis selama satu minggu dapat mengurangi gejala depresi. Tingkat kebahagiaan pun akan didapat bagi pelakunya dalam kurun waktu 6 bulan ke depan. Jadi, Moms bisa memiliki pemikiran positif jika bisa melakukan hal ini setiap hari.

 



6. Menikmati Segelas Kafein

Untuk ibu yang baru melahirkan, konsumsi kafein memang sebaiknya mulai dikurangi, karena jika dikonsumsi berlebihan dapat memengaruhi ASI. Namun, Moms bisa meminumnya segelas di pagi hari untuk membangkitkan semangat. Anda pun bisa terlihat lebih segar dan siap menjalani kesibukan sejak pagi hari. Namun jangan berlebihan ya! Untuk mengonsumsinya, Moms sebaiknya hanya menikmati kafein sebanyak 400mg per hari.

 

7. Melakukan Tugas yang Tidak Anda Sukai

Bagi para ibu baru, mengurus anak tanpa kenal waktu tentu sangat menguras tenaga. Apalagi bagi para ibu bekerja, pasti Anda butuh tenaga ekstra. Namun sesibuk apapun Anda, jangan sampai lupa untuk membersihkan rumah Anda agar tetap nyaman. Daripada melakukannya di malam hari, coba ubah untuk membersihkannya di pagi hari. Selain membuat Moms lebih segar karena bergerak, rumah juga jadi bersih dan nyaman.

 

8. Jernihkan Pikiran

Salah satu cara untuk memulai hari adalah dengan meditasi. Sebuah penelitian menemukan meditasi dapat memperbaiki fokus, mengurangi perasaan cemas, dan menurunkan tekanan darah. Moms akan merasakan tubuh yang lebih segar, tidak mudah lelah dan jarang sakit. Untuk membantu, gunakan aplikasi seperti Headspace yang memberikan panduan meditasi serta musik instrumen yang menenangkan jiwa dan pikiran.

 

9. Rencanakan Target Hari Ini

Dibanding membuat jadwal, cobalah untuk membuat target yang akan dilakukan untuk hari ini. Tuliskan semua tugas dan waktu pengerjaannya dengan jelas dan rinci, serta harus realistis. Setelah itu, lakukan tugas atau pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. “Ketika Anda menyelesaikan tugas yang sulit terlebih dahulu, Anda membawa energi positif dan perasaan puas ke dalam sisa hidup Anda,” ungkap Travis Bradberry, seorang psikolog pada akun LinkedIn pribadinya.

 

10. Ngobrol dengan Pasangan

Pagi hari bisa lebih ceria dengan mangajak pasangan ngobrol loh, Moms. Bicarakan hal-hal ringan dan bagikan rasa sayang satu sama lain, mungkin ketika anak masih tertidur pulas. Selain membuat hari menjadi lebih baik, tubuh Anda pun menjadi lebih segar dan bersemangat menjalani hari. Luangkan beberapa menit untuk berbicara langsung dengan pasangan atau juga anak Anda, sehingga tingkat stress bisa berkurang. Have a great day, Moms! (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu bekerja,   tip,   hari baik,   career mom










Cover April 2020