Mother&Baby Indonesia
Operasi Endometriosis Zaskia Sungkar Berjalan Lancar

Operasi Endometriosis Zaskia Sungkar Berjalan Lancar

Kemarin (23/11), artis Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi endometriosis di Kuala Lumpur, Malaysia. Selama prosesnya, Zaskia ditemani suami tercinta, Irwansyah, dan teman dekatnya, Laudya Cynthia Bella. Saat ini dirinya sedang dalam masa pemulihan dan meminta doa kepada semua penggemarnya agar dirinya cepat pulih.

 

Melalui unggahannya di Instagram, wanita yang akrab disapa Kia ini menyampaikan bahwa dirinya mengidap endometriosis dan fibroid. Endometriosis merupakan penyakit kronis, di mana jaringan yang melapisi rahim (yang disebut endometrium) ditemukan di bagian lain dalam tubuh. Endometriosis ini paling sering ditemukan di indung telur dan organ-organ lain dalam panggul. Bahkan dalam beberapa kasus, endometriosis dapat ditemukan di otak atau paru-paru.



 

Menurut Prof. DR. dr. Ali Baziad, Sp.OG(K) dari FKUI-RSCM, jaringan endometrium yang berada di luar rahim akan beraksi terhadap perubahan hormon selama siklus menstruasi yang menyebabkannya bertumbuh. “Nantinya, akan terjadi peradangan dan pembentukan jaringan parut, yang akan menimbulkan rasa nyeri di perut saat haid,” jelas dr. Ali.

 

Terdapat beberapa gejala berkembangnya hormon endometrium ini. Pertama, rasa nyeri yang sangat terasa di panggul. Lalu, rasa sakit berlebih yang terjadi saat menstruasi. Rasa sakit ini juga dirasakan saat dan setelah berhubungan seks. Rasa nyeri dan sakit ini tidak bergantung pada ukuran dan banyaknya hormon endomentrium yang muncul.



 

dr. Ali juga menambahkan,”Lesi endometriosis ini dapat menyebabkan perlengketan organ-organ di daerah jaringan endometriosis, bahkan bisa menjadi penyebab munculnya kista ovarium (massa berisi cairan di ovarium) yang dapat menjadi besar dan sangat nyeri.” Hal ini lah yang membuat 30-50 persen wanita yang menderita endometriosis mengalami gangguan kesuburan.

 

Pada malam (23/11), Irwansyah juga sempat mengunggah foto dirinya dengan Zaskia di rumah sakit. Dalam foto, Zaskia terlihat sedang berbaring dan mempersiapkan dirinya menghadapi operasi. Banyak netizen yang mendoakan kesehatan Zaskia dan berharap dirinya bisa pulih serta bisa mendapatkan momongan secepatnya. Mari doakan yang terbaik untuk Zaskia Sungkar, Moms. (Vonia Lucky/TW/Dok. Instagram @zaskiasungkar15)



Tags: selebriti,   endometriosis,   kesehatan,   rahim,   kandungan,   kesuburan,   operasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020