Mother&Baby Indonesia
5 Cara Seru Bermain Bola dengan Balita

5 Cara Seru Bermain Bola dengan Balita

Moms, ternyata boneka bola yang lembut serta permainan bola lainnya bisa meningkatkan perkembangan motorik Si Kecil, lho! Simak yuk, permainan apa saja yang bisa dilakukan Si Kecil!

 



1. Menggapai Bola

Saat Si Kecil terlentang, berikan boneka bola di tangannya, dan biarkan ia meremas boneka. Biasanya kakinya juga akan dinaikkan dan mencoba menggapai boneka tersebut.

 

"Ini membantu dia mengembangkan keterampilan motorik kasar di anggota tubuhnya saat dia meremas bola atau mengangkatnya dari dadanya dengan kedua lengan atau kakinya," ujar Dr Rebecca Chicot, co-creator dari The Essential Baby Care Guide yang dikutip dari Motherandbaby.co.uk.

 

2. Menangkap atau Mendorong Bola

Saat Si Kecil sudah dapat duduk sendiri, gelindingkan bola ke arahnya. Biarkan ia bermain, mendorong kembali, atau menangkap bola tersebut. Ulangi beberapa kali. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan koordinasi tangan-matanya.

 



3. Melempar atau Menangkap Bola

Saat Si Kecil berusia sekitar 18 bulan, lemparkan bola ke arahnya. Lalu biarkan ia menangkapnya. Jangan memaksanya untuk bisa menangkap bola tersebut, biarkan ia bersenang-senang melemparnya kembali atau bahkan menendangnya.

 

4. Menjatuhkan Bola

Saat Si Kecil berusia 8 hingga 9 bulan, ia mulai suka menjatuhkan barang. Jangan frustasi karena semua barang sengaja ia jatuhkan ya, Moms. Biarkan ini menjadi permainan gravitasi yang seru. Biarkan ia menjatuhkan bola dan Anda menangkapnya seperti perlombaan menangkap bola.

 

5. Berenang Bersama Bola

Bawa Si Kecil berenang dan jangan lupa membawa bola. Biarkan ia menangkap bola yang mengambang di air. Ini membantu koordinasi mata-tangan dan keseimbangan di air,” ujar Rebbeca. (Seva Dwinovridayati/TW/Dok. Freepik)



Tags: permainan,   main,   bola,   anak,   balita,   tumbuh_kembang,   motorik








Cover September 2019

Related Article