Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 7 November 2017 / Redaksi

Cara Mengenalkan Huruf Sesuai Usia Anak

Mengajarkan Si Kecil untuk lancar membaca bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti Moms tidak bisa turut membangun keterampilan membacanya. Faktanya, Moms bisa mulai mengajarkan anak membaca sejak dini, bahkan sejak masih bayi lho, Moms. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun keterampilan membaca si Kecil sesuai usianya.

 

0-6 Bulan

Di usia bayi yang baru lahir, ia sudah mulai peka terhadap suara. Moms bisa menstimulasi Si Kecil dengan mengajaknya berbicara, bernyanyi, mendengarkan musik, dan membacakan buku cerita. Hal ini dapat menjadi fondasi Si Kecil dalam mengembangkan keterampilan literasi dan bahasanya

 

Untuk bayi usia 4 bulan, Moms bisa mulai memperkenalkan buku. Di usia ini anak mulai tertarik dengan buku, dan berusaha mengeksplorasi bukunya. Pilihkan buku yang berbahan lembut seperti soft book, penuh warna terang, gambar yang menarik, dan sedikit teks.

 

6-12 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, Moms bisa menggunakan board book. Dampingi Si Kecil ketika ia memegang buku sambil menceritakan gambar dan warna yang ada di board book tersebut. Membaca bersama akan mendorong Si Kecil untuk melihat, menunjuk, menyentuh, dan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

 

12-36 Bulan

Pada usia ini, Moms bisa mulai memberikan anak buku dengan setidaknya 1-2 kalimat di setiap halamannya. Si Kecil akan menirukan suara yang Moms ekspresikan dan belajar mengenal kata. Kata-kata pertamanya akan muncul pada usia 10-14 bulan.

 

Untuk Si Kecil yang berusia 18 bulan biasanya ia sudah memiliki buku favorit. Karena itu ia sudah mulai mengenal dan mengingat kata-kata baru. Sedangkan pada anak 24 bulan, ia sudah semakin terbiasa membaca. Jadi jangan heran kalau membaca kini menjadi kegiatan favoritnya. Di usia 24 bulan, kosakata anak juga bertambah hingga 300 kata lho, Moms.

 

Dengan memberikan buku bacaan sesuai usia pertumbuhan anak, ia pun akan lebih mudah untuk belajar membaca. Selamat membaca buku bersama Si Kecil, Moms! (Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

4 Fakta Penting Seputar Russel-Silver Syndrome

Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 2)

Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 1)




OTHER ARTICLES

10 Tanda Kehidupan Seks Anda Sehat

Tantangan Mengonsumsi Menu Anak di Restoran Cepat Saji

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'