Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 1 November 2017 / Redaksi

4 Fakta Penting Seputar Russel-Silver Syndrome

Bagi para orang tua, melihat tumbuh kembang Si Kecil optimal tentu menjadi hal yang paling membahagiakan. Sayangnya, tidak dapat dipungkiri kalau di luar sana masih banyak penyakit, gangguan, atau sindrom yang mungkin menganggu tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah Russel-Silver syndrome atau biasa disingkat RSS. Pernahkah Anda mendengar sindrom yang satu ini? Jika belum, mari mengenal info penting seputar RSS, Moms.

 

1. Bukan faktor turunan

Apa sih RSS itu? RSS merupakan kondisi genetik yang sangat langka, di mana tubuh lebih kecil dari yang seharusnya, bahkan sebelum kelahiran. Sindrom ini membuat bayi mengalami pertumbuhan lambat, berat lahir rendah, pendek, dan memiliki perbedaan ukuran pada kedua sisi tubuhnya. Baik bayi laki-laki maupun perempuan berpotensi terkena kelainan ini.

 

2. Disebabkan oleh cacat kromosom

Penyebab sindrom ini belum diketahui pasti. Namun, dari sekitar 60 persen kasus RSS yang ada, umumnya disebabkan oleh cacat kromosom. Sindrom ini juga terbilang unik, karena tidak disebabkan oleh faktor keturunan. RSS bahkan lebih sering terjadi pada anak dari keluarga yang tidak memiliki riwayat gangguan RSS.

 

3. Gejala beragam

Gejala yang dialami oleh penderita RSS juga cukup beragam, di antaranya perbedaan panjang pada masing-masing lengan dan kaki, jarinya melengkung, gagal tumbuh, lebar kepala abnormal, mengalami masalah ginjal, pembengkakan esofagus, serta gastroesophageal reflux disease.

 

4. Cara mengatasi

Perawatan yang biasanya dilakukan, selain memberikan hormon pertumbuhan pengganti, adalah terapi

fisik untuk pembangunan fisiknya, mengoptimalkan asupan kalori, dan memberikan pendidikan khusus untuk menangani kelainan yang dialaminya.(Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 2)

Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 1)

3 Tips Membesarkan Anak Bahagia




OTHER ARTICLES

10 Tanda Kehidupan Seks Anda Sehat

Tantangan Mengonsumsi Menu Anak di Restoran Cepat Saji

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'