Mother&Baby Indonesia
8 Tips Menjemur Bayi

8 Tips Menjemur Bayi

Seperti yang Moms ketahui, menjemur bayi di pagi hari memang memberikan banyak manfaat. Namun perlu diingat, Moms harus ekstra hati-hati dalam menjemur bayi karena kulitnya masih tipis dan sensitif, hingga lebih mudah terbakar matahari. Untuk itu, yuk simak cara tepat menjemur bayi.

 



1. Berjemur di dalam ruangan

Menjemur bayi di dalam ruangan melalui jendela (tidak langsung terkena matahari) selama 10 menit sebanyak 2 kali sehari adalah terapi yang dipercaya tepat untuk meringankan sakit kuning (ikterus neonatorum) ringan.

 

2. Tidak perlu seluruh tubuh

Sinar matahari tidak perlu menyirami seluruh bagian tubuh bayi Anda. Cukup setidaknya 20 persen luar permukaan kulit yang terpapar sinar matahari.

 

3. Bantuan tabir surya

Jika bayi Anda sudah di atas 6 bulan, pastikan kulit yang terpapar sinar matahari sudah diolesi tabir surya dengan SPF 15 atau lebih. Pakai juga tabir surya ini jika Anda dan Si Kecil ingin beraktivitas di luar ruangan. Gunakan 15-20 menit sebelum beraktivitas, dan ulangi lagi pemakaiannya setiap 2 jam atau setelah berkeringat.

 

4. Tabir surya untuk bayi prematur

Pemakaian tabir surya pada bayi prematur dibatasi karena stratum korneumnya (lapisan terluar kulit ari) yang lebih tipis dapat mengabsorbsi bahan tabir surya lebih banyak,” ujar dr. Adhi.



 

5. Kenakan pakaian

Siapa bilang menjemur bayi harus dalam keadaan telanjang bulat? Mitos ini tidak benar, Moms! Pastikan bayi Anda mengenakan pakaian lengkap dan topi untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari langsung. Ingat, kulit bayi Anda masih sangat sensitif.

 

6. Perhatikan waktunya

IDAI menyarankan untuk menghindari paparan sinar matahari pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jumlah radiasi sinar UVB paling tinggi terjadi pada rentang waktu tersebut lho, Moms! Jadi jika ingin menjemur bayi, sebaiknya antara jam 7-9 pagi, selama 5-30 menit saja maksimal ya.

 

7. Gunakan kacamata

Bukan sekadar gaya, Si Kecil juga butuh kacamata saat berjemur. AAP merekomendasikan penggunaan kacamata yang memberi perlindungan 97-100 persen melawan UVA dan UVB.

 

8. Bayi di bawah 6 bulan

Jika Anda hendak menjemur bayi berusia di bawah 6 bulan, American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar bayi mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang. Tujuannya adalah untuk mencegah sunburn. AAP juga merekomendasikan penggunan tabir surya sesedikit mungkin, dengan minimal SPF 15. Oleskan di area yang terpapar sinar matahari, seperti di wajah dan telapak tangan. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: berjemur,   bayi,   anak,   pagi,   matahari,   tips








Cover Januari - Februari 2020