Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Ampuh Cegah Persalinan Prematur

Ini Cara Ampuh Cegah Persalinan Prematur

Inilah pentingnya rutin kontrol kehamilan dengan dokter kandungan Anda, karena dokter jadi bisa mendeteksi penyakit kronis yang Moms derita. Menurut dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, dari Brawijaya Women & Children Hospital, penyakit kronis seperti hipertensi kehamilan, diabetes melitus, dan infeksi, dapat dideteksi dari pemeriksaan rutin saat kontrol kehamilan. Begitu juga dengan persalinan prematur akibat mulut rahim yang pendek.

 



Untuk mencegahnya, dr. Dinda menyarankan agar Anda memastikan kehamilan selalu sehat. “Rajin kontrol rutin, pantau semua pemeriksaan, baik klinis, laboratorium, maupun USG. Cara itu akan menghindari pasien dari kelahiran prematur,” sarannya.

 

Moms juga tidak perlu khawatir persalinan prematur akan berulang di persalinan berikutnya. Menurut dr. Dinda, persalinan prematur tidak berulang, kecuali yang disebabkan oleh pendeknya mulut rahim, namun itupun bisa dicegah dengan penjahitan mulut rahim yang dapat dilepas saat bayi siap dilahirkan. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



 

Baca juga:

13 Dampak Kelahiran Prematur bagi Tumbuh Kembang Bayi



Tags: prematur,   persalinan,   melahirkan,   anak,   bayi








Cover Januari - Februari 2020