Mother&Baby Indonesia
Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

Tidak hanya perubahan bentuk tubuh dan selera makan, kehamilan juga memberikan perubahan pada mata Anda, Moms. Mungkin tidak banyak bumil yang sadar kalau kehamilan membuat mata Anda menjadi lebih kering. Ya, perubahan hormon, metabolisme tubuh, dan sirkulasi darah memang dapat memengaruhi kesehatan mata Anda. Gangguan ini biasanya mulai muncul di trimester satu sampai akhir kehamilan.

 

Menurut Dr. Rini Hersetyati, SpM, ophtalmologist dari Klinik Mata Nusantara, umumnya gangguan penglihatan selama kehamilan bersifat minor dan akan pulih setelah kehamilan usai serta kerja hormon tubuh kembali normal. Itulah yang menyebabkan mata ibu hamil lebih sering kering,





Kondisi mata kering dapat menyebabkan pemakaian lensa kontak menjadi tidak nyaman ya, Moms. Selain itu, mata juga tentunya jadi lebih sering iritasi. Nah, untuk mengatasinya, Moms bisa menggunakan lubrikan atau obat tetes mata yang menyerupai air mata. Penggunaan produk tersebut dapat melembapkan mata dan meringankan mata kering Anda. Jika Moms menggunakan lensa kontak, pastikan Anda sudah memeriksa apakah lubrikan ini aman digunakan dengan lensa kontak Anda ya, Moms. Kenapa? Karena lubrikan yang terbuat dari air mata buatan biasanya mengandung bahan yang dapat merusak lensa kontak.



 

Saat membeli lubrikan atau obat tetes, jangan sembarangan membeli yang dijual bebas. Mintalah resep pada dokter mata untuk lubrikan yang tepat dan aman bagi bumil. Dr. Rini juga menyarankan Anda untuk mengurangi kerja mata dengan cara membatasi kegiatan membaca atau mata melek terlalu lama. Jika Moms kerap bekerja di depan komputer, pastikan untuk mengistirahatkan mata tiap dua jam sekali selama 10-15 menit. (Tiffany/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   mata,   kesehatan,   hormon










Cover Mei-Juni-Juli 2020