Mother&Baby Indonesia
Kenapa Tiap Ibu Membutuhkan Kontrasepsi yang Berbeda?

Kenapa Tiap Ibu Membutuhkan Kontrasepsi yang Berbeda?

Pemilihan kontrasepsi adalah hal yang sangat personal ya, Moms. Berbeda dengan tips parenting atau kuliner terkini yang bisa didapat dari rekomendasi teman.  “Memilih alat KB tergantung pada personal preference masing-masing,” ujar dr. Tirsa Virani, Sp.OG dari Brawijaya Women & Children Hospital, saat ditemui di acara Afternoon Tea, Thanks to Birth Planning yang diadakan oleh Kontrasepsi Andalan beberapa waktu yang lalu.

 


Misalnya, ibu menyusui tentu membutuhkan alat kontrasepsi yang berbeda dengan ibu yang sudah tidak menyusui. Selain itu, dr. Tirsa juga mengatakan bahwa kepribadian ibu akan berpengaruh pada pemilihan alat kontrasepsi. Untuk ibu yang disiplin, maka pil KB bisa menjadi pilihan, Karena harus dikonsumsi setiap hari pada jam yang sama.



 

Sementara itu, untuk ibu yang takut jika ada benda asing masuk, maka bisa menghindari IUD dan memilih alat kontrasepsi lain seperti pil. Jika Anda termasuk ibu yang tidak mau repot, IUD menjadi pilihan yang tepat Karena Anda cukup datang ke dokter atau bidan sekali untuk memasangnya.

 




Untuk membantu Anda memilih alat kontrasepsi, Andalan meluncurkan situs Tundakehamilan.com. Dalam situs ini, Anda dapat mengisi kuisioner yang akan membantu Anda menentukan apa alat kontrasepsi paling tepat. Setelah mendapat jawaban, Anda dapat mendiskusikannya lebih lanjut dengan dokter atau bidan.

 


Selain pemilihan alat kontrasepsi, dalam acara tersebut juga dibahas beragam mitos yang membuat Moms ragu untuk memasangnya. Menjawab mitos-mitos tersebut, dr. Tirsa mengatakan bahwa alat kontrasepsi jaman sekarang sudah berbeda dengan yang dulu. “Pil KB yang sekarang tidak membuat gemuk atau membuat kulit berjerawat,” ujarnya. Yuk, mulai gunakan kontrasepsi dan atur jarak antar kelahiran, Moms. (Nadia/TW/Dok. Andalan)



Tags: kontrasepsi,   kb,   tips










Cover Mei-Juni-Juli 2020