Home - Kehamilan & Persalinan - Kesuburan / 30 Oktober 2017 / Redaksi

Kontrasepsi Ramah Ibu Menyusui

Moms, ingatkah rasa bahagia saat pertama kali Moms mendekap erat tubuh mungil bayi Anda dan menyusuinya? Itulah momen paling membahagiakan sekaligus mengharukan bagi seorang ibu. Dengan menyusui, Moms memberikan banyak keajaiban tidak hanya untuk Si Kecil, tapi juga untuk Anda. Salah satu keajaiban menyusui bagi para ibu adalah dapat menjadi kontrasepsi alami yang mencegah kehamilan. Sayangnya, hal ini tidak seutuhnya mencegah terjadinya kehamilan yang tidak terencana. Dibutuhkan perhatian ekstra pada beberapa hal, seperti bayi harus rutin menyusui secara eksklusif, tidak diberi makanan tambahan, dan ibu belum menstruasi. Jika salah satu hal saja tidak sesuai, maka kesempatan ibu untuk hamil lagi ikut meningkat.

 

Sedangkan untuk mewujudkan perencanaan keluarga sejahtera, Moms harus menggunakan bantuan alat kontrasepsi yang aman digunakan untuk ibu menyusui. Seperti apa sih kontrasepsi yang aman untuk busui? Tentu saja yang tidak mengandung hormon estrogen, karena dapat menekan kadar hormon prolaktin. Hormon prolaktin ini sangat vital bagi ibu menyusui, karena inilah hormon yang memengaruhi produksi ASI. Jika hormon prolaktin berkurang, dapat memberikan dampak buruk pada produktivitas ASI, baik menghambat atau bahkan terhenti sama sekali.

 

Untuk itu, ibu menyusui disarankan menggunakan alat kontrasepsi yang hanya megandung progesteron saja atau yang tidak mengandung hormon, salah satunya seperti IUD non hormonal atau yang dulu biasa disebut spiral. Andalan kontrasepsi memiliki berbagai macam jenis IUD non hormonal, sangat nyaman digunakan, aman, dijamin tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI dan juga efektivitasnya mencegah kehamilan mencapai 99,4% lho, Moms.

 

Kontrasepsi IUD juga merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin merencanakan keluarga sejahtera dengan jarak kehamilan yang ideal. Dengan membuat rencana kehamilan, Anda dapat mempersiapkan keluarga dengan lebih baik lagi, baik dari segi kemapanan fisik, mental, maupun finansial. Hal itu juga memberi waktu bagi Anda untuk lebih fokus mengurus 1 anak dulu, agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

 

Mengerti akan pentingnya peran IUD bagi ibu menyusui yang ingin menjaga jarak kehamilan, maka IUD Andalan hadir untuk menjawab kebutuhan Anda. Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai alat-alat kontrasepsi, klik saja www.tundakehamilan.com ya, Moms. (Tiffany/Dok. Freepik.com)


 







RELATED ARTICLE

Yuk, Cari Tahu Kontrasepsi Paling Tepat untuk Anda

Pentingnya Medical Check Up Sebelum Merencanakan Hamil

4 Gerakan Yoga Agar Anda Cepat Hamil




OTHER ARTICLES

10 Tanda Kehidupan Seks Anda Sehat

Tantangan Mengonsumsi Menu Anak di Restoran Cepat Saji

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'