Home - Balita - Perawatan Balita / 5 Oktober 2017 / Redaksi

5 Tips Memberi Makan Anak yang Sedang Diare

Jika Si Kecil sedang diare, napsu makannya tentu ikut menurunnya ya, Moms. Diare juga sering membuat Si Kecil menolak makan dan minum, bahkan walau Anda telah menawarkan menu-menu favoritnya. Walau begitu, kebutuhan nutrisi hariannya harus tetap terpenuhi, Moms. Untuk itu, yuk simak 4 tips dari dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, mengenai cara memberi makan anak saat diare.

 

1. Beri Sup

Jika Si Kecil sudah mulai mengonsumsi makanan padat, beri ia makanan yang banyak mengandung air, seperti sup.

 

2. Hindari Jus Buah

IDAI tidak menyarankan pemberian jus buah, karena mengandung sukrosa, fruktosa, dan sorbitol yang meningkatkan osmolalitas. "Hindari memberikan minuman manis atau soda saat si kecil sedang diare," saran dr. Nurul.

 

3. Lanjutkan ASI

Laktosa dalam ASI tidak menyebabkan diare bertambah parah. Sedangkan menurut IDAI, pemberian sufor bebas laktosa saat sedang diare masih kontroversial.

 

4. Kecil & Sering

Jika anak tidak napsu makan, beri makan dalam porsi kecil, tetapi sering (misal, setiap 3-4 jam) untuk memenuhi zat gizi Si Kecil selama diare.

 

5. Tinggi Energi

“Saat sedang diare, berat badan si kecil seringkali menurun karena asupan yang kurang atau kondisi dehidrasi. Bila diare sudah perbaikan, maka ayah dan bunda harus mengejar kekurangan asupan makan tersebut dengan melanjutkan memberikan makanan yang mengandung tinggi energi agar pertumbuhan si kecil tetap terjaga saat masa penyembuhan,” tulis. dr. Nurul dalam artikel Bagaimana Memberi Makan Anak saat Sedang Diare yang dimuat di situs resmi IDAI.







RELATED ARTICLE

Buat Si Kecil Lebih Nyaman saat Tumbuh Gigi

Kenali Gangguan Makan pada Anak

Imajinasi Anak dapat Meningkatkan Kecerdasannya




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu