Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 26 Oktober 2017 / Redaksi

4 Langkah Mudah Memijat Payudara

Sukses memberikan ASI eksklusif tentu menjadi harapan semua orang tua. Namun beberapa ibu ada yang berhadapan dengan masalah kuantitas ASI, atau ASI tidak lancar keluar. Jika Moms mengalami masalah ini, maka Moms dapat mencoba pijat payudara. Banyak sekali manfaat dari pijat payudara semasa ik menyusui, salah satunya memperlancar pengeluaran ASI dan membantu produksi ASI. Tertarik mencoba pijat payudara? Ikuti 4 langkah mudah berikut ini ya, Moms:

  1. Cucilah tangan sebelum memijat. Tuangkan baby oil ke telapak tangan.

  2. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Pijat mulai dari tengah, lalu menuju ke atas mengelilingi payudara. Ketika sampai di bagian bawah payudara, angkat, kemudian lepaskan payudara perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini minimal 30 kali. Lakukan pada payudara kanan.

  3. Sangga payudara di bawah dengan salah satu tangan. Kepalkan tangan yang lain, kemudian urut perlahan bagian atas payudara (dari tepi luar payudara ke arah dalam) dengan bagian bawah tangan yang dikepalkan (bukan dengan buku jari). Lakukan gerakan tersebut dengan lembut, minimal 30 kali.

  4. Kompres kedua payudara dengan waslap hangat selama 2 menit. Kemudian, ganti dengan waslap dingin selama 1 menit. Kompres bergantian sampai 3 kali berturut-turut, dan akhiri dengan kompres hangat. (Tiffany/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Sudah Siapkah Anda Menyusui?

Pertolongan Pertama Saat Payudara Bengkak

7 Tips Memilih Diaper Bag




OTHER ARTICLES

10 Tanda Kehidupan Seks Anda Sehat

Tantangan Mengonsumsi Menu Anak di Restoran Cepat Saji

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'