Mother&Baby Indonesia
Tips Meredakan Nyeri Punggung saat Hamil

Tips Meredakan Nyeri Punggung saat Hamil

“Saya kerap mengalami nyeri punggung saat hamil. Adakah cara untuk mengurangi dan mengatasinya?”

Andina, hamil 32 minggu.

 



Pijat

“Minum air putih hangat. Olesi punggung bagian belakang dengan minyak kayu putih atau baby oil sambil dipijat pelan oleh suami. Tidur menggunakan maternity pillow juga sangat membantu mengatasi nyeri punggung.” Diana Kusuma Dewi Silalahi.

 

Konsumsi Susu

“Saat nyeri punggung melanda biasanya saya minum susu untuk ibu hamil karena bayi membutuhkan banyak kalsium. Saya juga lakukan gerakan senam hamil agar otot pinggang tidak kaku.” Latifah Hanum.

 

Mencoba Rileks

“Biasanya saya akan langsung bersandar ke kursi dan meluruskan kaki jika nyeri punggung mulai terasa saat di kantor. Tarik napas secukupnya, rileks sambil mendengarkan musik klasik. Perbanyak juga minum air putih dan konsumsi buah.” Yunita.

 



Kurangi Angkat Berat

“Sejak usia kehamilan 16 minggu, saya sudah berlatih untuk tidak membungkuk jika mengambil barang di lantai. Saya ambil barang di lantai dengan cara menekuk kaki. Jika barang terlalu berat saya minta tolong suami atau orang lain untuk mengambilkannya.” Suzanna Domas Kusuma Wardani.

 

Asupan yang Tepat

“Saya mengonsumsi telur ayam dan istirahat dengan posisi tidur terlentang sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk mengatasi nyeri punggung.” Christine Setiawan.

 

Bantal Khusus Hamil

“Tiap ingin rebahan santai sambil nonton televisi, saya mengganjal punggung dengan bantal yang bentuknya seperti pita. Itu ampuh sekali dan sudah 3 tahun selama 2 kali kehamilan saya selalu pakai.” Dewi Yani.

(Midya/OCH/TW/Dok. Freepik)



Tags: sakit,   backpain,   hamil,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020