Mother&Baby Indonesia
Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Tahun depan, anak saya sudah masuk sekolah, namun sepertinya ia justru tidak semangat kalau diajak belajar membaca dan menulis. Bagaimana ya cara meningkatkan semangat belajar Si Kecil?

Karina Saputri, 29, ibu dari Mikayla Cathrine, 4 tahun.
 

Suasana Belajar Menyenangkan



Cara meningkatkan semangat anak untuk belajar adalah dengan memberikan suasana belajar di rumah yang menyenangkan agar tidak bosan. Kemudian gunakan metode belajar sambil bermain, dengan begitu anak akan merasa senang sekaligus mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru.

Sonyanita Karina, 34, ibu dari Nashadilla, 5.

 

Alat Tulis Menarik

Walau umurnya masih terlalu kecil untuk belajar, namun peralatan penunjang proses belajar yang menarik dapat meningkatkan semangat belajar anak saya. Pastikan juga tempat dan suasana belajarnya menyenangkan, dan ajarkan dengan penuh kasih sayang. Orangtua juga harus mengerti cara belajar seperti apa yang efektif untuk Si Kecil. Selain itu, mengajarnya juga tidak boleh sambil main gadget ya!

Sarah Mellina 22, ibu dari Kaka Dzhilmi Khairi BN, 19 bulan.

 

Kreasi Seni

Cara saya meningkatkan semangat belajar anak adalah dengan melengkapi peralatan tulis dan gambar dengan warna dan motif menarik. Dan setelah belajar, kami melakukan aktivitas belajar seni, seperti mewarnai, menggunting, menempel, hingga membuat bentuk dari origami. Semua itu membuat dia tidak sabaran untuk belajar.



Dina Rayani, 31, ibu dari Adithio Samosir, 4,4 tahun.
 

Orangtua Ikut Berinteraksi

Bagi saya perkembangan belajar anak hingga usia 3 tahun adalah masa belajar dasar anak tentang etika baik di dalam rumah, lingkungan sekitar, serta agama. Cara menumbuhkan semangat belajar bagi putra saya adalah dengan ikut langsung berinteraksi dengan dia, dan ikut mencoba bersama-sama. Hal ini dilakukan agar bisa menambah rasa percaya dirinya untuk melakukan sesuatu hal, seperti membaca buku atau bernyanyi bersama.

Lilik Indri Lestari, 33, Raziq Hanif Pradipta, 2,5 tahun.

 

Tidak Memaksa

Anak saya juga agak susah untuk diajak belajar, bahkan tidak mau sama sekali saat saya dan suami mencoba dengan paksaan. Ternyata cara itu salah! Anak saya justru minta belajar baca tulis dengan sendirinya jika kami tidak memaksanya. Sejak saat itu, kami sadar kalau belajar haruslah menyenangkan dan tanpa paksaan.

Sabrina Ranjani, 32, Nicole Jasmine, 3,5 tahun.

(Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)

 



Tags: belajar,   anak,   balita,