Home - Keluarga - Mums Know Best / 10 Oktober 2017 / Redaksi

Games Seru untuk Ulang Tahun Si Kecil

Saya sedang mempersiapkan pesta ulang tahun untuk Si Kecil yang akan berusia 4 tahun. Kira-kira kami akan mengundang 25 anak, yang hampir semuanya balita. Semua hal sudah siap, kecuali games. Games seru apa saja yah yang asyik dimainkan di ulang tahun balita?

Elsa Maharani, 32, ibu dari Raffasya Rizqyano, 3 tahun.


 

Adu Melodi

Saat Gita berulang tahun di bulan Mei kemarin, saya hadirkan games seru yaitu lomba bernyanyi. Caranya, ajak 2 anak untuk menyanyikan lagu yang berbeda, misalnya Bintang Kecil dan Burung Kakak Tua. Bagian seru dimulai ketika ada anak yang tidak konsentrasi dengan lagu yang ia nyanyikan dan mulai mengikuti nada atau lirik temannya. Anak yang tidak konsentrasi, dia yang kalah. Games ini juga bagus untuk melatih konsentrasi anak lho, Moms!

Susana Febri Pertiwi, 33, ibu dari Gita Putri Ariyani, 3 tahun.


 

Tebak Benda

Untuk bermain games ini, siapkan tas dan benda atau buah apapun yang tidak berbahaya untuk anak. Benda itu bisa bola tenis, batu, permen, mobil-mobilan, sendok, buah jeruk, pisang, atau apa saja. Masukkan 1 benda ke dalam 1 tas, panggil 1 anak untuk memasukkan tangan ke dalam tas dan minta ia menebak benda apa di dalamnya. Yang bisa menebak dengan benar, dapat hadiah.

Yulie, 39, ibu dari Kailey, 7, dan Keegan, 2.


 

Joget Patung

Semua anak suka bergerak bebas! Maka mainkan musik yang seru, ajak semua anak untuk menari bersama, dan ketika musik dimatikan, semua anak harus diam seperti patung. Anak yang paling cepat menjadi patung dapat hadiah dan boleh duduk, dan begitu seterusnya sampai semua anak dapat hadiah.

Indah Rainissa, 28, ibu dari Jeehan Qarmelia, 4.


 

Berburu Hadiah

Games ini paling cocok dimainkan di taman atau outdoor. Bagikan hadiah atau permen untuk semua anak, dengan cara menyematkannya di antara pepohonan atau di tempat tersembunyi. Minta anak-anak mencari hadiah itu, dan 1 anak boleh membawa 1 hadiah.

Sarah Riyadi, 29, ibu dari Cherisha, 5, dan Noura, 3.


 

Koleksi Bola

Siapkan kolam renang karet dan isi dengan bola-bola plastik aneka warna (seperti ingin mandi bola). Kemudian buat 4 kelompok berisi masing-masing 2 anak. Minta setiap kelompok untuk mengumpulkan bola dengan 1 warna (misal, kelompok 1 mengumpulkan bola merah saja) dalam waktu 1 menit. Kelompok dengan bola terbanyak menjadi juaranya. Tapi agar tidak kecewa, kelompok yang kalah diberi hadiah hiburan juga ya.

Monica Hariyanto Xander, 30, ibu dari Keith L. Xander, 3.

(Tiffany/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Tips Mengatasi Sibling Rivalry

Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Solusinya!

4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Kemerdekaan pada Anak




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu