Mother&Baby Indonesia
6 Langkah Mudah Pedicure Kuku Anak

6 Langkah Mudah Pedicure Kuku Anak

Terlalu lama mengenakan sepatu atau sering bertelanjang kaki di tempat yang kurang bersih, dapat menjadikan kaki Si Kecil tempat yang nyaman bagi bakteri. Bakteri ini dengan cepat berkembang pada kaki yang berkeringat dan jarang dibersihkan, maka menjaga kebersihan kaki sangat penting agar terbebas dari kuman dan bau! Untuk itu, ayo ikuti 6 langkah mudah pedicure kuku anak di rumah.

 

Langkah 1: Siapkan wadah berisi air hangat, kemudian rendam kaki Si Kecil selama 5-10 menit. Keringkan dengan handuk bersih.



Langkah 2: Potong kuku kaki anakl. Menurut American Academy of Dermatology, agar kuku anak tidak mudah patah, sebaiknya potong kukunya dengan bentuk rata, namun sedikit membulat di bagian ujung. Khusus untuk ibu jari, sebaiknya dipotong rata hingga ujung, agar terhindar dari cantengan (Onychocryptosis).

Langkah 3: Bersihkan kotoran di sela-sela kuku menggunakan spoon nail cleaner.

Langkah 4: Sikat kuku kaki Si Kecil menggunakan sikat khusus kaki anak yang berbulu lembut.

Langkah 5: Untuk mengangkat sel kulit mati, usapkan scrub kaki yang aman untuk anak di bagian tumit. Mau scrub alami? Campurkan saja 2 sendok makan gula pasir dengan 3 sendok makan essential oil.

Langkah 6: Bersihkan scrub dari kaki Si Kecil, kemudian keringkan dengan handuk. Pijat lembut kakinya untuk melancarkan peredaran darah.




 

Tips:

  • Agar tidak menjadi sarang bakteri, hindari penggunaan sepatu yang sama setiap hari.

  • American Orthopaedic Foot and Ankle Society merekomendasikan penggunaan sepatu dari bahan kanvas atau kulit. Bahan ini memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menekan pertumbuhan bakteri.

  • Setelah cuci kaki, jangan lupa mengeringkan sela-sela jari kaki, ya. (Tiffany/Dok. Freepik)



Tags: pedicure,   anak,   kuku,   kaki,   balita








Cover Januari - Februari 2020