Mother&Baby Indonesia
Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 2)

Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 2)

Walau matematika sering disebut sebagai pelajaran yang paling sulit, namun tanpa Anda sadari, anak usia 3-5 tahun sudah memiliki kemampuan matematika lho, Moms. Ilmu matematika yang sudah ia kuasai memang sebatas pengenalan angka dan dasar berhitung, bukan yang rumit seperti yang sudah diajarkan pada anak usia sekolah. Apa saja ya kemampuan matematika yang bisa dilakukan balita?

 



Baca juga: Balita Juga Sudah Menguasai Matematika! (Bagian 1)

 

Pola, Analisis, dan Aljabar

Si Kecil yang berusia 3 tahun tahu bagaimana urutan sederhana dari kegiatan yang biasa ia lakukan. Misalnya, ia bisa menjelaskan dengan mudah bagaimana langkah-langkah mandi, “Pertama, melepas baju, lalu menyiram tubuh dengan air, dan mandi.”

 

Di usia 4 tahun, banyak anak yang bisa mengikuti sebuah pola sederhana, contohnya jika ia diberikan gambar dengan pola warna merah-biru-putih, ia akan bisa menyebutkan bahwa setelah warna merah dan biru, akan ada warna putih. Pada usia ini, Si Kecil juga bisa menempatkan benda sesuai urutan dan mampu menggunakan kata “besar”, “lebih besar”, dan “paling besar”.

 



Di usia 4 atau 5 tahun, Si Kecil bisa mengategorikan benda sesuai karakteristik, misalnya, jika diberikan sekotak kaus kaki, Si Kecil bisa mengelompokkannya berdasarkan warna atau ukuran.

 

Statistik dan Probabilitas

Di usia 4 tahun, Si Kecil mulai mengerti bahwa beberapa hal dapat terjawab dan dimengerti setelah diuji, contohnya, bola jika dilempar akan memantul. Di usia ini juga Si Kecil mengerti kata “mungkin”, “pasti”, dan “tidak mungkin”. Si Kecil juga paham mengenai peluang terjadinya sesuatu kejadian. Sebagai contoh, ia akan mengetahui bahwa salju tak mungkin turun di musim panas atau ia tak selalu bisa menangkap bola yang dilempar kepadanya.

 

Dengan bantuan Anda atau orang dewasa lain, Si 5 Tahun juga bisa mengerti grafik sederhana dan menggunakan informasi tersebut untuk menjawab pertanyaan. Misalnya, dengan melihat grafik batang yang berisi gambar jenis-jenis hewan peliharaan yang dimiliki teman-temannya, Si Kecil bisa mengetahui hewan mana yang paling banyak dipelihara (yaitu hewan dengan grafik batang paling tinggi). (OCH/TW/Dok. Freepik)

 



Tags: matematika,   balita,   milestone,   kecerdasan










Cover Mei-Juni-Juli 2020