Balita - Tumbuh Kembang Balita / 4 Oktober 2017 / Redaksi

Cara Menghentikan Si Kecil Menyakiti Teman Lain

Cara Menghentikan Si Kecil Menyakiti Teman Lain

Tidak semua balita selalu bersikap manis setiap harinya. Ada saja yang membuat Anda terkejut dengan tingkahnya yang lucu bahkan membuat Anda kesal. Ada kalanya juga Si Kecil terlihat menggigit lawan mainnya saat bermain bersama. Dan, tanpa sadar kegiatan menggigit itupun menjadi salah satu cara Si Kecil untuk mempertahankan diri. Lalu, bagaimana cara agar Si Kecil mengurangi menggigit temannya?

 

1. Mengucapkan maaf
Salah satu cara agar Si Kecil tidak memiliki kebiasaan menyakiti temannya adalah mengajarkan berempati. Mengenalkan rasa empati terhadap orang lain dapat dilakukan dengan cara meminta maaf dapat memancing rasa empatinya. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa Anda sudah memahami kesalahan Si Kecil.

 

2. Tegas
Mungkin Si Kecil menggigit sebagai ungkapan gemas, kesal, atau kenyamanan gusi saat ia merasa tumbuh gigi. Namun, Anda tetap harus berperilaku tegas agar ia tidak meneruskan kebiasaan ini dengan mengatakan “tidak” saat ia berusaha menggigit Anda atau bersedih saat ia melakukannya. Dengan bersedih, maka Si Kecil mengerti bahwa itu menyakiti Anda.

 

3. Bermain Boneka
Ajak Si Kecil bermain boneka dengan membuat skenario bahwa salah satu bonekanya menggigit boneka lain dan bersedih. Anda bisa jelaskan perasaan boneka yang digigit akan sama dengan perasaan saat Si Kecil menggigit temannya. Jelaskan pula bahwa sikap menyakiti orang lain itu tidak baik. (Seva/TW/Dok. Freepik)

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

Aturan Terbaru dalam MPASI

Mengenalkan Uang Kepada Anak

5 Langkah Mengajarkan Si Kecil Buang Air Sendiri




OTHER ARTICLES

15 Fakta tentang Kebutuhan Cairan saat Hamil

Seru dan Banyak Diskon di BTN Social Expo 2017

'Sharenting,' Fenomena Baru di Dunia Parenting

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi