Mother&Baby Indonesia
Perlengkapan Newborn Gratis untuk Orang Tua New Jersey

Perlengkapan Newborn Gratis untuk Orang Tua New Jersey

Mulai Januari 2017, orang tua di New Jersey, Amerika Serikat dapat mendapatkan kotak berisi perlengkapan untuk bayi newborn secara gratis dari pemerintah.

 

Program ini terinspirasi dari program serupa yang sudah dilakukan di Finlandia sejak 1930-an. Sebelum Amerika, Skotlandia sudah terlebih dahulu melakukan program serupa mulai awal tahun ini.



 

Baca juga: Hadiah untuk Newborn dari Pemerintah Skotlandia

 

Namun, berbeda dari Finlandia dan Skotlandia, di mana semua orang tua mendapatkan baby box, orang tua di New Jersey harus mengikuti program edukasi online untuk bisa mendapatkan baby box itu.

 

Kotak yang terbuat dari karton itu berisi kasur, waterproof cover, sprei, popok, tisu basah, krim payudara, breast pads, pakaian, dan beberapa perlengkapan lainnya. Semua barang tersebut bernilai US$150 (sekitar Rp 2.001.150). Hal unik lainnya adalah boks tersebut bisa menggantikan fungsi bassinet untuk tempat tidur Si Kecil.

 

Tujuan dari program ini, selain untuk membantu para orang tua baru, adalah untuk menurunkan angka kematian mendadak pada newborn atau sudden infant death syndrome (SIDS).

 



Data Center for Disease Control (CDC) menunjukkan bahwa ada sekitar 3.500 kematian akibat SIDS di Amerika tiap tahunnya. Sebanyak 25 persen kasus disebabkan oleh kehabisan napas di tempat tidur.

 

Baby box ini diproduksi oleh Baby Box Co., sebuah perusahaan yang awalnya membuat boks berisi perlengkapan bayi sebagai hadiah untuk baby shower. Namun, perusahaan tersebut berubah setelah mengunjungi Finlandia dan memelajari sistem kesehatan di negara tersebut.

 

Seorang ibu di New Jersey mengaku sangat menyukai boks tersebut. “Saya tidak pernah terpikir untuk menaruh bayi saya dalam boks, tapi ternyata itu sangat praktis. Boks tersebut juga ringan dan mudah dipindahkan dari 1 ruangan ke ruangan lain,” ujar Jernica Quionnes, 33, ibu dari Bless'n, 2 bulan, dari New Jersey, seperti dikutip dari CNN.

 

Sementara itu, ibu asal Helsinki, Satu Korkohen, menjelaskan bahwa program baby box itu membantunya belajar menjadi orang tua. “Misalnya saat saya melihat gunting kuku bayi, saya jadi berpikir kapan sebaiknya menggunting kuku bayi saya. Begitu juga dengan termometer untuk air mandi. Walaupun saya mampu membelinya sendiri, baby box ini membuat saya lebih nyaman secara psikis karena langsung dikirimkan pada saya,” jelas Satu yang memiliki bayi berumur 2 minggu bernama Emma.

 

Apa Indonesia juga membutuhkan program serupa, Moms? (Nadia/TW/Dok. CNN.com)



Tags: newborn,   baby,   bayi,   perlengkapan








Cover Maret 2020