Mother&Baby Indonesia
Akupuntur, Cara Terbaru Atasi Kolik?

Akupuntur, Cara Terbaru Atasi Kolik?


Ibu mana yang tahan mendengar tangisan anaknya dalam waktu lama. Sayangnya beberapa bayi, terutama newborn, mengalami kolik. Kolik adalah gangguan perut yang menyebabkan bayi menangis dalam waktu lama karena tidak nyaman. Banyak cara dilakukan untuk menenangkan bayi kolik dan saat ini akan bertambah lagi 1 teknik, yaitu akupuntur.

 

Baca juga: Tips Atasi Kolik pada Bayi




Para peneliti dari Lund University, Swedia melakukan penelitian mengenai efek terapi akupuntur pada bayi kolik dan hasilnya ternyata cukup efektif. Sebanyak 147 bayi berusia 2-10 minggu  yang menangis lebih dari 3 jam setiap harinya, berpartisipasi dalam penelitian ini dan dibagi dalam 3 grup.

 



Grup pertama diberikan terapi akupuntur minimal atau 1 titik tubuh selama 2-5 detik, grup kedua diberikak ditusuk di 5 titik selama 30 detik, dan grup ketiga tidak menerima tusukan sama sekali. Hasilnya, 49 persen grup pertama berhenti menangis 2 minggu setelah pengobatan dan 32 persen pada grup kedua.

 

Walaupun hasilnya cukup bagus, peneliti mengingatkan bahwa pengobatan akunnpuntur ini bukan untuk menghilangkan tangisan bayi seluruhnya. “Rewel dan menangis adalah bentuk komunikasi normal pada bayi. Oleh Karena itu, tujuan penelitian ini adalah bagaimana menurunkan durasi tangisan pada taraf normal, bukan tidak menangis sama sekali,” tulis peneliti dalam British Medical Journal, seperti dikutip dari The Telegraph. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya, Moms? (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   kolik,   akupuntur,   kesehatan,  








Cover Januari - Februari 2020