Mother&Baby Indonesia
Lakukan 5 Hal Ini Agar Luka Caesar Cepat Pulih

Lakukan 5 Hal Ini Agar Luka Caesar Cepat Pulih

Proses persalinan adalah waktu yang sudah ditunggu-tunggu oleh para ibu. Setelah 9 bulan mengandung, akhirnya Anda bisa bertemu dengan bayi mungil yang lucu. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa melahirkan adalah proses yang cukup melelahkan. Untuk ibu yang melahirkan secara caesar, proses pemulihan akan memakan waktu lebih lama dibanding dengan persalinan norma, sekitar 6-8 minggu.

 

Padahal semakin cepat Anda sembuh, makin cepat pula Anda bisa bonding dengan Si Kecil. Jangan khawatir, Moms, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses pemulihan tersebut.



 

1. Banyak Minum Air Mineral
Konsumsi minimal 2 sampai 3 liter air mineral setiap harinya karena ini dapat membuat tubuh lebih cepat pulih.


2. Konsumsi Makanan Berserat
Setelah melahirkan dan menjalani operasi caesar, Anda akan sedikit kesulitan saat buang air besar pertama kali. Jadi jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berserat untuk memperlancar proses ini. Beberapa makanan yang kaya akan serat adalah makanan yang mengandung gandum, sayur, dan buah-buahan.

 

3. Istirahat Cukup
Hal ini memang sulit dilakukan, terutama karena Si Kecil masih sering terbangun di malam hari dan frekuensi menyusu yang cukup sering. Jika Anda pernah mendengar saran 'tidurlah saat bayi tidur,' cobalah sebisa mungkin untuk mengikutinya. Karena Anda memang membutuhkan banyak istirahat agar lebih cepat pulih. Minta bantuan kerabat atau teman jika memang membutuhkan bantuan dalam mengurus Si Kecil.



 

4. Manjakan Tubuh
Jangan memberikan beban terlalu berat untuk tubuh. Hindari sering naik turun tangga dan usahakan agar Si Kecil dan perlengkapannya ada di dekat Anda. Walaupun Anda belum boleh berolahraga, Anda dianjurkan untuk banyak berjalan kecil. Gerakan ini akan membantu tubuh pulih, mencegah konstipasi, dan darah membeku. Si Kecil juga bisa belajar melihat dunia luar.

 

5. Kapan Harus Ke Dokter
Anda tentu harus rutin kontrol untuk memastikan tidak ada yang salah dengan operasi caesar. Selain saat kontrol, ada kondisi yang membuat Anda harus kembali ke dokter, seperti:

  • Area sekitar jahitan bengkak dan memerah
  • Bau tidak sedap dari vagina
  • Pendarahan hebat dari vagina
  • Merah dan bengkak pada area paha
  • sulit bernafas
  • demam di atas 38 derajat
  • Sakit dada
  • Nyeri pada payudara

 

Cobalah untuk tidak membandingkan proses pemulihan Anda dengan teman atau kerabat yang juga melakukan operasi caesar, karena tubuh tiap orang berbeda-beda. Fokuslah pada pemulihan tubuh Anda dan pada Si Kecil. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: caesar,   tips,   persalinan,   operasi








Cover Maret 2020