Mother&Baby Indonesia
Menyiapkan MPASI untuk Si Kecil

Menyiapkan MPASI untuk Si Kecil

 

Menginjak usia 6 bulan, Si Kecil telah lulus ASI eksklusif dan kini tiba waktunya untuk mencoba makanan pendamping ASI (MPASI). Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mencoba MPASI, mulai dari persiapan menu, peralatan, hingga mengecek kesiapan Si Kecil untuk makan. Nah untuk itu, beberapa anjuran untuk MPASI berikut ini dapat Moms perhatikan terlebih dahulu.

 



Tepung beras. Tepung ini sangat baik untuk bahan awal MPASI karena termasuk minim risiko alergi bagi Si Kecil.

 

Sayur dan buah. Ada yang menyarankan untuk memerkenalkan sayur dahulu baru buah, atau sebaliknya. Namun Ikatan Dokter Indonesia menyarankan untuk memperkenalkan sayur dan buah secara bersamaan, Moms. Dikutip dari Idai.or.id, "Tidak terbukti pengenalan buah lebih dahulu mempersulit penerimaan sayur."



 

Hindari penggunaan garam dan gula, karena akan mempengaruhi fungsi ginjal Si Kecil yang belum berfungsi sempurna. Sebaiknya gunakan kaldu ayam atau sapi untuk menambah cita rasa makanan sehat.


Porsi sedikit. Untuk perkenalan MPASI, Si Kecil cukup mengonsumsi 2-4 sendok saja. Porsi akan bertambah seiring bertambahnya usia Si Kecil.


Untuk memudahkan Moms membuat MPASI, sudah ada berbagai produk rumah tangga yang membuat penyajian MPASI menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah Philips Avent mengeluarkan 4-in-1 Healthy Baby Food Maker. Produk inovatif terbaru ini hadir untuk membantu para orang tua dalam mempersiapkan MPASI dengan praktis, cepat, dan berkualitas. Yuk, Moms mulai siapkan MPASI untuk Si Kecil tanpa repot! (Adhanti/TW/Dok. M&B UK)
 



Tags: mpasi,   baby_food,   kesehatan,   bayi,   makanan,   nutrisi,   gizi








Cover Maret 2020